Pengertian Menara Hanoi menurut wikipedia adalah permainan matematis atau teka teki yang terdiri dari tiga tiang dan sejumlah cakram dengan ukuran yang berbeda. Kita diminta memindahkan cakram-cakram ini ketiang yang ada tetapi hanya boleh satu-satu cakram yang dipindahkan dan cakram yang kecil harus berada diatas yang lebih besar.

Jika ingin menguji keahlian sahabat bermain menara hanoi ini bisa dicoba secara online loh.



Main menara hanoi online klik disini 

Untuk anak-anak ada juga permaian semacam menara hanoi ini biasanya mainan ini berbentuk donat atau bisa juga bentuk lainnya. Anak diminta menyusun donat-donat itu dari ukuran yang terbesar ke ukuran yang terkecil. Sekilas mainan ini sangat mudah tapi diperlukan ketelitian pada saat memainkan mainan ini.

Mainan ini juga memiliki beberapa kegunaan untuk anak diantarnya adalah belajar mengenal warna karena biasanya donat-donat ini mempunyai warna yang berbeda, melatih motorik : anak bisa meraba dan merasakan bentuk dari mainan ini, melatih konsep besar dan kecil juga melatih konsentrasi pada anak.

Pascal dan Alvin suka juga mainan menara hanoi ini, awalnya dulu memang tidak bisa tapi kita akan takjub ketika sang anak bisa menyusun menara ini. Dibutuhkan konsentrasi dan kesabaran baik anak maupun orang tuanya hingga sampai ke titik ini. Sambil bermain juga sekaligus belajar.



videonya bisa diklik disini
(tidak sempat upload di youtube, video ini diambil sewaktu umur Pascal 2 tahun)

21 comments:

Pakde Cholik said... 16 February 2012 at 22:13

Mainan bocah yang mendidik sangat baik untuk perkembangan anak-anak. Kegiatan menggambar juga bagus untuk mengembangkan daya imajinasi dan kreasi anak-anak. Jangan sampai anak-anak hanya dicekoki oleh film2 di TV dari jam ke jam.

Terima kasih artikelnya.

Salam hangat dari Surabaya.

HEЯRY said... 16 February 2012 at 22:28

buat yang sudah punya anak, bermanfaat banget nih permainannya.. :)

Green Notes said... 16 February 2012 at 23:44

haha...aku dah nyoba.. susah oe... :D

Niar Ningrum said... 16 February 2012 at 23:49

waaah naik naik kepuncak menara, tinggi tinggi sekali :D

dmilano said... 17 February 2012 at 01:47

emang Niar berani naik ke menara? hahahaa...

Cindy Wijaya said... 17 February 2012 at 01:49

ah.. serunya! nanti minta beliin ah mainan kayak gitu *berasa masih kecil* :P

dee said... 17 February 2012 at 01:52

Saleum,
Melihat anak2 bermain dengan media seperti itu, terkadang kita yang sudah jenggotanpun pingen larut main dgn mereka, hehhe

BlogS of Hariyanto said... 17 February 2012 at 01:58

mainan ini sangat bagus dan edukatif..bisa merangsang perkembangan otak anak..tidak seperti mainan modern yang kebanyakan membuat anak menjadi pasif :-)

Mami Zidane said... 17 February 2012 at 03:22

anakku juga punya mainan kayak gini di rumah....memang bagus untuk melatih gerak motorik anak.

jay boana said... 17 February 2012 at 03:23

permainan toh hehe

mimi RaDiAl said... 17 February 2012 at 04:50

melatih kreatifitas y bun,,,untungnya disekolah anak2 dr PG smpe TK selalu ada permainan ini

Niar Ci Luk Baa said... 17 February 2012 at 15:35

wah naik2 ke puncak menara :D

Niar Sri Sadono Ningrum said... 17 February 2012 at 20:46

berani dung.... niar gtu :D

*padhal kaki gemetan* :D

Warung Blogger said... 17 February 2012 at 20:49

boleh mbak cindy.. mau mainan nya apah?

Warung Blogger said... 17 February 2012 at 21:08

waalaikumslam :)

wah jengootan, haji balon ..eeh balun :D

Indra Kusuma said... 17 February 2012 at 21:20

Mainan ini sering saya mainkan dengan anak dan keponakan untuk melatih kecepatan dan ketelitian mereka dalam melakukan sesuatu tindakan. Dan hal ini dapat mengarahkan mereka sebagai untuk membangun rasa sosialisainya terhadap rekan atau pun orang disekeliling mereka.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

Apar said... 17 February 2012 at 22:33

mainan itu bagus buat anak-anak ya?
bisa membantu mengasah saraf motoriknya?

Evi said... 18 February 2012 at 19:04

Mbak Lid itu mengagumkan amat sebagai ibu. Tak pernah lupa mencatat hal2 kecil apapun dengan Cal-Vin...:)

Abi Sabila said... 18 February 2012 at 23:23

Saya pikir ini tentang liburan Mbak Lidya sekeluarga dalam rangka ulang tahun pernikahan kemarin,ternyata tebakan saya ngawur, nda nyambung. Ini tentang permainan dua ponakan saya tho? Belum pernah nyoba, seumuran saya masih boleh main kan? Pas Cal, kita manjat menara yuk! Jangan lupa bawa kue putunya ya. Ups! hehehehe....

Baby Dija said... 19 February 2012 at 19:54

Aku juga sukkkaaaa bikin menara

Ardiansyah Pango Darwis said... 20 May 2012 at 03:50

hahahaha
saya menang habis main permainannya barusan

 
Top