Karena Hutang Harus Dibayar 
Putriku mungkin baru masuk kelas ketika kudengar seseorang mengucap salam di depan pintu kontrakanku.

“Wa’alaikumsalam….” jawabku, bergegas menuju pintu. Kutinggalkan piring dan gelas kotor bekas sarapan di bak pencucian.

Betapa terkejutnya aku demi melihat tamu yang datang pagi itu. Adalah Fulan, rekan kerja sewaktu  masih bekerja di perusahaan farmasi dulu. Ia datang beserta istrinya.

“Ayo, silahkan masuk!” aku membuka pintu lebih lebar, mempersilahkan kedua tamuku untuk masuk. “Anak-anak mana, kok nda diajak?” tanyaku kemudian setelah mereka duduk lesehan di kamar kontrakanku yang sederhana.

“Mereka kan harus sekolah.” jawab istri si Fulan dengan logat bahasa yang khas. 

“Oh iya, aku lupa,” aku menepuk dahi, menyeringai.


Hampir lima tahun kami tak bertemu. Karenanya banyak hal yang saling kami tanyakan, membuat obrolan pagi itu berlangsung seru. Limabelas menit terasa begitu cepat berlalu.

“Maaf, kami benar-benar tidak tahu.” Hampir berbarengan mereka meminta maaf sekaligus turut berduka saat kujawab pertanyaan mereka, kemana istrimu?

“Mohon dimaafkan salah dan khilaf almarhumah” pintaku pada mereka. Aku berterima kasih atas keikhlasan mereka memaafkan, dan ber-amin saat mereka berdoa untuk almarhumah. Juga saat mereka berdoa agar aku segera mendapatkan pengganti yang terbaik.

“Sekali lagi saya mohon maaf karena telah bertamu sepagi ini. Tidak selayaknya kami mengganggu aktifitasmu pagi-pagi begini. Tapi selain untuk membezuk salah satu saudara kami yang terkena musibah kecelakaan di jalan, jauh-jauh kami datang kemari karena ada satu hal yang harus kami selesaikan denganmu,” Fulan membuka pembicaraan yang lebih serius setelah mereka menikmati teh hangat yang kusuguhkan. Sementara tempe mendoan dan beberapa kue yang kuhidangkan tetap utuh sampai mereka berpamitan pulang. 

“Apakah itu?” tanyaku penasaran.

“Hutang!”

“Hutang….?” aku bingung, melipat dahi. Sebelum aku bertanya lebih lanjut, Fulan telah lebih dulu menjelaskan hutang piutang yang ia maksudkan.

Lima tahun lalu Fulan pernah meminjam sepeda untuk menunjang usahanya membuka warung sembako kecil-kecilan tak jauh dari tempat tinggalku. Sayangnya usaha yang ia rintis dengan modal sisa pesangonnya ini tak juga mengalami kemajuan. Bahkan tiga bulan kemudian terpaksa gulung tikar, tak mampu bersaing dengan pedagang lain yang memiliki modal lebih besar. Kegagalan ini memaksa mereka pulang ke kampung halaman. Yang menjadi masalah adalah mereka tidak sempat mengembalikan sepeda yang mereka pinjam, tidak juga menggantinya dengan sejumlah uang. Dan yang lebih membebani mereka lagi, sepeda itu kini sudah terlanjur dijual oleh adiknya yang masih tinggal di Tangerang.

Berbeda dengannya, sejak aku menyerahkan sepeda itu pada Fulan tak pernah sedikitpun  beranggapan bahwa aku sedang meminjamkannya melainkan benar-benar memberikannya. Kebetulan saat itu aku mempunyai dua sepeda, dan yang kuberikan pada Fulan sudah cukup lama hanya tersimpan di gudang pemilik kontrakanku. Barangkali kata pakai saja yang kuucapkan kala itu yang menjadi permasalahannya. Aku bermaksud menghibahkannya namun mereka mengartikan kalau aku meminjaminya.
 
“Tapi waktu itu aku bilang pinjam, jadi aku berkewajiban untuk mengembalikan. Sayangnya adik yang aku titipi tak punya tempat untuk menyimpan sepeda, dan kebetulan saat itu ada temannya yang mau mengganti dengan sejumlah uang. Selain meminta maaf atas kelancangan adikku, aku akan mengganti sepedamu dengan sejumlah uang. Ayolah, sebutkan saja berapa, biar kami tenang!” Fulan mendesak.

“Sudah kubilang, aku tak pernah meminjamkan sepeda itu, tapi aku memberikannya padamu. Dan bila kamu tak lagi memerlukannya, kamu berhak untuk memberikannya kepada siapapun,  itu sudah menjadi hakmu. Termasuk jika kemudian adikmu menjualnya, tak perlu ia minta ijin dulu padaku. Dan kamu tak perlu menggantinya dengan sejumlah uang ataupun barang. Kamu tak berhutang apapun padaku. Malah aku yang minta maaf, barangkali ucapanku waktu itu kurang jelas, sehingga kemudian membebanimu bertahun-tahun lamanya. Percayalah, aku sudah mengikhlaskan sepeda itu sejak pertama aku menyerahkannya padamu.” jawabku bersungguh-sungguh.

Tak cukup Fulan yang bicara, sang istripun berusaha meyakinkanku bahwa kedatangan mereka pagi itu memang untuk urusan yang mereka anggap hutang ini. Setelah sekali lagi kukatakan bahwa sepeda itu benar-benar aku berikan dengan ikhlas, karenanya tidak ada hutang piutang dalam hal ini, akhirnya mereka bisa menerima penjelasanku. Sebelum berpamitan, kembali mereka meminta maaf sekaligus berterima kasih padaku. Aku katakan bahwa akulah yang berterima kasih karena mereka masih mau bersilaturahim dan mungkin tanpa mereka sadari satu pelajaran berharga telah aku dapatkan pagi itu.

Kedatangan Fulan pagi itu telah menggugah kesadaranku tentang janji-janji yang belum sempat kutepati, juga hutang-hutang yang barangkali terlupa hingga belum terbayar sampai saat ini.Kapanpun waktunya, apapun bentuknya, berapapun jumlahnya, dan siapapun orangnya, hanya ada satu kewajiban atas hutang yaitu membayarnya, melunasinya. Kewajiban ini akan terus mengikat walaupun yang berhutang telah meninggal dunia. Karenanya, hutang juga termasuk warisan yang harus ditunaikan oleh ahli waris orang yang berhutang. Kewajiban ini baru gugur setelah dilunasi atau si pemberi hutang mengikhlaskannya. Dan urusan ikhlas mengikhlaskan hutang adalah hak si pemberi hutang bukan kesimpulan yang dibuat sendiri oleh orang yang berhutang.

Karena hutang harus dibayar, maka setiap urusan yang menyangkut orang lain semestinya dilakukan dengan ‘ijab dan qobul yang jelas. Kalau memang meminta, katakanlah meminta. Demikian pula jika membeli, harus jelas. Dan jika pinjam maka harus mengembalikan. Jangan sampai awalnya pinjam lalu di kemudian hari bilang meminta. Jangan pula karena dengan saudara, keluarga atau orang tua lalu pinjam disamakan dengan meminta. Kembalikan yang kita pinjam, bayarlah yang kita hutang, Jangan sampai kelak di akhirat kita dikejar-kejar hutang karena di dunia kita belum mengembalikan, ahli waris tak juga melunasi sementara si pemberi hutang belum mengikhlaskannya. 

Demikian pula jika kita berniat meminjamkan atau memberikan / menghibahkan sesuatu haruslah jelas. Jangan awalnya memberi lalu di kemudian hari dikatakan hanya meminjamkan. Kalau memang kita merasa hanya meminjamkan , tentunya kita berhak untuk mengingatkan, menagih kepada orang yang kita pinjami. Dan jika karena berbagai pertimbangan kemudian kita mengikhlaskannya, sebaiknya juga disampaikan agar yang bersangkutan tidak terus merasa terbebani oleh hutang. Hal ini tentu lebih baik, dan kita kita tidak perlu khawatir karena Allah Yang Mahakaya akan menggantikannyadengan rejeki dari arah yang tidak terduga sebelumnya. 

Dan selepas kepergian Fulan, sepanjang hari aku berusaha mengingat-ingat, manakah janji yang belum kutepati, berapa hutang yang belum kulunasi? Astaghfirulloh! Semoga tidak dimatikan aku sebelum semua janji dan hutang kupenuhi. Amin, ya Rabb.

Salam hangat untuk seluruh pengunjung warung blogger. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata, bahasa atau kekhilafan lainnya menyangkut tulisan ini.

Penulis : Abi Sabila
Blog    : http://www.abisabila.com/

* gambar saya pinjam dari http://faisalchoir.blogspot.com

68 comments:

Pemilik Restoran Suroboyo said... 12 February 2012 at 16:05

Jika kita mempunyai hutang memang harus dibayar agar tak menjadi beban kelak. Makanya jika ada orang yang meninggal dunia ada keluarganya yang bilang : "Jika diantara hadirin ada yang merasa mempunyai piutang kepada almarhum mohon segera menghubungi saya untuk kami selesaikan secara layak"

Terima kasih telah mengingatkan.

Salam hangat dari Restoran Suroboyo

Evi said... 12 February 2012 at 16:53

Baik benar si Fulan ini. Kalau saja semua orang ingat pada hutang2nya, duh dunia pasti lebih baik ya...Semoga si Fulan terus dibukakan pintu rezki yg berkah..Karena dari tanggannya lah rezki itu akan mengalir ke tangan yg lain. Amin..

WaroengBlogger said... 12 February 2012 at 18:07

iya betul, pakdhe... hutang itu hrs dibayar

nique said... 12 February 2012 at 18:30

Menyimak sambil mengingat2 berapa ya utang yang belum dilunasi :(

Una said... 12 February 2012 at 19:25

Wahhh... aku juga nginget-nginget buku dan dvd yang aku pinjem dari temenku :(

Abi Sabila said... 12 February 2012 at 23:03

Sami-sami, Pak Dhe. salam sukses kagem restoranipun.
Apakah untuk warga WB boleh hutang di restoran Pak Dhe? Insya Allah dibayar kok, Pak Dhe. hehehe

Abi Sabila said... 12 February 2012 at 23:04

Amin, insya Allah...

Abi Sabila said... 12 February 2012 at 23:05

semoga kita diberi kemampuan untuk melunasi, dan jika kita terlupa semoga ada yang berkenan membayarkan oh bukan, maksudnya mengingatkan. :)

Abi Sabila said... 12 February 2012 at 23:07

segera kembalikan setelah selesai dibaca/ditonton, sebelum lupa, barangkali banyak yang antri unuk pinjam buku dan dvd nya.

WaroengBlogger said... 13 February 2012 at 00:32

pasti rame kalo boleh ngutang :D

dmilano said... 13 February 2012 at 01:34

Saleum,
Jika diingat - ingat benar juga tuh, mana tau dimasa lalu saya pernah juga berutang sesuatu pada teman dan famili. Waktu dan kesibukan sering menyebabkan lupa...

Lyliana Thia said... 13 February 2012 at 02:33

Aku belajar dari sini.. Ttg mengikhlaskan uang yg kita pinjamkan ke org lain.. Dan jg ttg hutang qta kpd org lain... Semoga rezekinya berkah selalu utk si Fulan dan Abi Sabila.. :-)

Lidya - Mama Pascal said... 13 February 2012 at 06:36

ikut mengingat kalauada hutang saya yg belum terbayar

MENONE said... 13 February 2012 at 06:56

harus tuch sobat......... hutang emang wajib hukumnya buat dilunasin

susu segar said... 13 February 2012 at 14:14

wah mau nanya nih . . . giaman tentang hutang yang kelupaan . . ???

Abi Sabila said... 13 February 2012 at 14:25

Benar, Pak. Kalaupun kita benar-benar lupa, namun si pemberi hutang belum mengikhlaskan, maka kewajiban melunasi tetap ada.

Abi Sabila said... 13 February 2012 at 14:25

Amin, ya Rabb. Terima kasih doanya, Mbak Thia.

Abi Sabila said... 13 February 2012 at 14:27

hutang yang kelupaan tidak otomatis membuat gugur kewajiban untuk melunasinya, kecuali si pemberi hutang telah mengikhlaskannya. Perbanyak sedekah mungkin bisa dijadikan salah satu solusi untuk menutup hutang-hutang yang belum terbayar, salah satunya karena lupa. Wallohualam. Ada yang punya masukan lain? Mari kita berbagi di sini.

Abi Sabila said... 13 February 2012 at 14:29

janji adalah termasuk hutang, namun jangan bayar hutang dengan janji-janji, karena yang seperti ini justru bisa mempersempit rejeki. Ini lebih saya tekankan pada diri.

WaroengBlogger said... 13 February 2012 at 15:26

benar kata kang abi. dan hendaknya setiap orang yang melakukan hutang-piutang sama-sama harus mengetahui. tau adabnya. sebenarnya masalah hutang ini panjang pembahasannya, simpelnya.. bagaimanapun juga, hutang itu harus dibayar, wajib. tidak bisa ditawar lagi, kecuali pihak yang dihutangi telah mengikhlaskan :D
salam

Mama Olive said... 13 February 2012 at 16:23

Ayo kita rame-rame ke restoran Pakde
Kita ngutang di bayar kalo dah gajian awal bulan..
Boleh kan Dhe..?/

Citro Mduro said... 13 February 2012 at 16:30

Hutang termasuk amanah yang ditunaikan
semoga kita menjadi hamba yang dapat mengemban gan melaksanakan amanah

salam dari pamekasan madura

Mabruri said... 13 February 2012 at 16:35

karena hutang itu harus dibayar, dan barang kali saja si penghutang itu lupa, brarti dengan tidak mngurangi rasa hormat, yg mmberi hutang apakah harus juga mngingatkan, atau pun menagihnya? :D :D

Naya Elbetawi said... 13 February 2012 at 19:07

lagi usaha melunasi utang2 ku...:)

Abi Sabila said... 13 February 2012 at 19:19

betul..betul..betul!

Abi Sabila said... 13 February 2012 at 19:19

Amin, insya Allah.
Salam hangat untuk keluarga di Pamekasan, Pak Citro.

Abi Sabila said... 13 February 2012 at 19:21

menurut saya semestinya begitu, hanya caranya yang perlu diperhatikan, tidak harus dengan memaksa, marah-marah apalagi menyakiti.

Abi Sabila said... 13 February 2012 at 19:21

Semoga Allah meluaskan dan memberkahi rizki, sehingga hutang-hutang dapat dilunasi. Amin.

Tiesa said... 14 February 2012 at 20:52

jadi mengingatingat saya punya hutang janji sama siapa aja ya, dan apa janjianya itu -___- lebih susah membayar hutang janji drpd hutang yg bentuknya materi kl menurut saya

Indra Kusuma said... 15 February 2012 at 20:02

Aku melu ! jangan wong Pak Dhe itu orangnya baik murah hati dan tidak sombong, makanya boleh melu.

Indra Kusuma said... 15 February 2012 at 20:05

Hutag barang atau pun uang mudah untuk dikembalikan, dan karena setiap manusi itu selalu berhubungan dengan yang lainnya, maka tidak lepas pula lah manusia selalu ada memilki hutang budi sesamanya.

Ardiansyah Pango Darwis said... 20 May 2012 at 02:51

iya saya pun dapat pelajaran di sini,
saya pun harus segera membayar hutang-hutang saya selama ini

John Frank said... 15 October 2013 at 00:06

perhatian :::::

Kami bersertifikat , dapat dipercaya , handal, efisien ,
dinamis dan cepat handal , bekerja sama pemodal untuk real estate dan segala jenis pembiayaan usaha
kami mengeluarkan pinjaman jangka panjang
Jumlah maksimum pinjaman kita meminjamkan adalah 50.000.000 .
Kami menawarkan jenis pinjaman dan banyak lagi :

* Pinjaman Pribadi ( pinjaman tanpa jaminan )
* Kredit Usaha ( pinjaman tanpa jaminan )
* Konsolidasi Pinjaman
* Kombinasi kredit
* Perbaikan Rumah
Silakan , jika Anda suka dan minat dalam penawaran keuangan kita ,
Silahkan hubungi kami
melalui e -mail johnfrankloaninvestment@gmail.com

Fadia Razaini said... 14 March 2016 at 10:04

KESAKSIAN NYATA PINJAMAN PENAWARAN
Nama saya Razaini dari Jakarta INDONESIA Saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada Ibu Sunhine dari SUNSHINELOANCOMPANY yang membantu saya dalam mendapatkan kualitas tanpa jaminan untuk keberhasilan operasi dari bayi saya dan bayi saya sehat dan kuat saat ini.
Aku punya uang pinjaman saya dalam waktu kurang dari satu, setelah pinjaman saya disetujui dan saya diminta untuk membayar biaya pendaftaran yang saya lakukan dan dalam waktu kurang dari 3 jam dari jumlah pinjaman saya sebesar Rp.800,000,000 ditransfer ke rekening bank saya.
Anda dapat menghubungi Ibu sunshine melalui email: sunshineloancompany@gmail.com
atau hubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: fadiarazaini@gmail.com.
lebih berkat Ibu sunshine dan Tuhan memberkati keluarga Anda.

Queen Daniel said... 18 May 2016 at 17:08

Saya Ibu Queen Daniel, A pemberi pinjaman uang, saya meminjamkan uang kepada indaividu atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan, yang menjadi periode utang lama dan ingin membayar. Kami memberikan segala jenis pinjaman Anda dapat pernah memikirkan, Kami adalah ke kedua pinjaman pribadi dan Pemerintah, dengan tingkat suku bunga kredit yang terjangkau sangat. Hubungi kami sekarang dengan alamat email panas kami: (queendanielloanfirm@gmail.com) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami.

AMALIA FAUZI said... 3 June 2016 at 03:51

Helloooo semua orang !!

Apakah Anda memerlukan pribadi, bisnis atau dana Investasi, tanpa stres dan persetujuan cepat? Jika ya, hubungi surga perusahaan ini dikirim hari ini karena mereka sedang menawarkan pinjaman pada tingkat bunga yang luar biasa pada 2%. keuangan mereka dijamin dan aman. pelanggan kebahagiaan mereka adalah kekuatan mereka. pinjaman dari kisaran $ 5.000. - $ 1,000,000.000 USD Euro dan Pounds, tersedia saat ini adalah Bisnis, Pribadi, House, Travel dan Mahasiswa Kredit Dll
pihak yang berkepentingan harus menghubungi satu ini dan sah perusahaan melalui email untuk informasi lebih lanjut dan juga untuk mendapatkan formulir aplikasi pinjaman pelanggan pribadi Anda segera:
Perusahaan E-mail: kathleenfosterloanfirm@gmail.com
+1 917-724-0238
Nama kreditur: Ibu Kathleen Foster

Lucy smith said... 26 June 2016 at 06:03

Apakah Anda mencari pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman tanpa jaminan, modal usaha, dll .. Atau harus Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan. Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda! Saya seorang pemberi pinjaman pribadi, saya memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat suku bunga rendah dan terjangkau 2%. Manfaat. Silahkan hubungi kami melalui e-mail: Lucysmithloanfirm@gmail.com

Peminjam DATA S

1) Nama Lengkap: ............................................. ..........
2) Alamat: .............................................. ............
3) Negara: .............................................. ................
4) Sex: .............................................. ..................
5) Status perkawinan: ............................................. ....
6) Pekerjaan: .............................................. .......
7) Nomor Telepon: ............................................. ...
8) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .....................................
9) Duration: .............................................. ..
10) Tujuan Pinjaman: ............................................

Lucy Smiith
(Lucysmithloanfirm@gmail.com)

William Emamllua said... 29 June 2016 at 09:47

Kabar baik untuk Anda semua yang Anda butuhkan pinjaman untuk melunasi utang Anda, Anda ingin meminjam uang untuk meningkatkan bisnis Anda atau organisasi? Atau Anda ditolak kredit dari bank atau lembaga keuangan untuk satu alasan atau yang lain? Anda perlu berbagi beban pinjaman atau hipotek? di sini adalah lokasi yang tepat untuk utang Anda! Emamllualoanfirm? pinjaman kepada orang-orang terkenal
Manfaat yang rendah dan dapat diterima dari 2% tanpa colerteral.
Silahkan hubungi kami di Emamllualoanfirm@gmail.com

Hannah Boss said... 5 July 2016 at 21:25

Saya Ibu Hannah Boss, A pemberi pinjaman uang, saya meminjamkan uang kepada individu atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan, yang menjadi periode utang lama dan ingin membayar. Kami memberikan segala jenis pinjaman Anda dapat pernah memikirkan, Kami adalah ke kedua pinjaman pribadi dan Pemerintah, dengan tingkat suku bunga kredit yang terjangkau sangat. Hubungi kami sekarang dengan alamat email panas kami: (hannahbossloanfirm@gmail.com) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami.

shunshine loan said... 18 August 2016 at 12:33

Saya Ibu Sunshine , Reputasi, sah & sebuah uang terakreditasi
Pemberi pinjaman. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa saya memberikan penerima bantuan dapat diandalkan seperti saya akan senang untuk menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu yang handal. Anda dapat menghubungi saya melalui e-mail:
sunshineloancompany@gmail.com

Layanan yang disediakan meliputi:

* Perbaikan rumah
* Pinjaman Inventor
* Kredit Mobil
* Hutang Konsolidasi Pinjaman
* Line of Credit
* Kedua Pinjaman
* Pinjaman Bisnis
* Pinjaman pribadi
* Pinjaman International.

Silahkan menulis kembali jika tertarik.
Setelah Response, Anda akan mengirimkan formulir permohonan pinjaman untuk mengisi. (Tidak ada jaminan sosial dan tidak ada pemeriksaan kredit, 100% Dijamin!) Saya berharap memungkinkan saya untuk menjadi layanan kepada Anda. Anda dapat menghubungi saya melalui e-mail:
sunshineloancompany@gmail.com
Dengan hormat,
Ibu Sunshine

Zuma Loans said... 12 September 2016 at 23:13

Apakah Anda perlu pinjaman itu?
Apakah Anda mencari Keuangan?
Apakah Anda mencari pinjaman untuk memperbesar bisnis Anda?
Saya pikir Anda telah datang ke tempat yang tepat.
Kami menawarkan suku bunga Kredit atlow.
orang yang tertarik harus silahkan hubungi kami di
Untuk tanggapan langsung ke aplikasi Anda, Kindly
membalas email ini di bawah saja.
(Zumaloans@mail.com atau zumaloans@gmail.com)

Tolong, jangan memberikan kami informasi berikut jika Anda tertarik.
1) Nama Lengkap: .........
2) Jenis Kelamin: .........
3) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .........
4) Durasi Pinjaman: .........
5) Negara: .......
6) Alamat Rumah: .........
7) Nomor HP: .........
8) Pendapatan Bulanan: .....................
9) Pekerjaan: ...........................
) Situs yang melakukan Anda di sini tentang kami .....................
Terima kasih dan Salam.
(Zumaloans@mail.com atau zumaloans@gmail.com)

Indriaty Manirjo said... 20 September 2016 at 08:16

Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Franklin Bliss said... 26 September 2016 at 01:30

Halo, saya Mrs FRANKLIN BLISS, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: franklinbliss40@gmail.com

Mrs. Bernice Louis said... 30 September 2016 at 21:23

Apakah Anda ingin memulai atau tumbuh bisnis yang ada? Ibu Bernice Louis Pinjaman Perusahaan (BLC) telah datang untuk membuat impian Anda menjadi kenyataan. Kami memberikan pinjaman kepada individu swasta atau pemerintah dan Perusahaan dengan tingkat bunga 2% pada setiap jumlah yang dibutuhkan dan dengan jadwal pembayaran yang fleksibel. Hubungi Mrs. Bernice Louis untuk Anda PINJAMAN hari ini melalui email: bernicelouisloancompany@gmail.com atau tel: +15022653621

marycole loancompany said... 4 October 2016 at 01:19

Semoga damai Tuhan menyertai Anda.
Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah Anda dalam setiap
stres keuangan atau apakah Anda perlu dana untuk memulai.
bisnis Anda sendiri?
A) ekspansi bisnis pinjaman pribadi.
B) start-up bisnis dan pendidikan.
C) Konsolidasi Utang
Nama: ..........................................
Negara: .........................................
Lokasi: ..........................................
Status: .......................................
Jenis kelamin: ................................................ ...
Umur ................................................. ....
Jumlah Pinjaman yang dibutuhkan: .........................
Durasi Pinjaman: ...................................
sel nomor telepon pribadi: .......................
Pendapatan bulanan: .....................................
Terima kasih dan Tuhan memberkati.
Email: marycoleloanscompany3@gmail.com

Opara Gerrad said... 4 October 2016 at 17:15

Adakah anda fikir untuk mendapatkan pinjaman? Anda serius yang memerlukan pinjaman segera untuk memulakan perniagaan anda sendiri? Adakah anda dalam hutang? Ini adalah peluang anda untuk mencapai keinginan anda, kami memberi pinjaman peribadi, pinjaman perniagaan dan pinjaman korporat dan semua jenis pinjaman dengan faedah 2% untuk maklumat lanjut hubungi kami melalui e-mel (OPARAGERRARD@GMAIL.COM)

Salam hangat

OPARA GERRARD

Mrs aisha Bukafia said... 7 October 2016 at 09:40

hari baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Ibu aisha bukafia, silakan, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya benar di sini pada platform ini untuk semua warga negara Indonesia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah memiliki trully mendukung saya melalui ibu yang baik Mrs. Emiliana

 Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp15.000.000, dengan seorang wanita di arab saudi.

saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian intorduce saya untuk Ibu Emiliana, yang merupakan pemilik dari sebuah organisasi pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk menerapkan dari Ibu Emiliana, jadi saya summorned keberanian dan menghubungi Mrs. Emiliana.

Aku diterapkan untuk jumlah pinjaman Rp400,000,000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman tersebut disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan agunan dan jaminan untuk transfer pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa account saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp400,000,000. Saya sangat senang bahwa akhirnya Allah telah menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

Semoga Allah memberkati Ibu Emiliana untuk membuat kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk silakan hubungi Ibu Emiliana melalui email: emilianawilson11@gmail.com untuk pinjaman Anda

Akhirnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua untuk meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup sejati saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
satu lagi nama saya mrs aisha bukafia, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: mrsaishabukafia@gmail.com

HENRIETTA PAUL said... 7 October 2016 at 15:22

Anda memerlukan pinjaman? Adakah anda seorang lelaki atau wanita dan anda memerlukan pinjaman untuk meningkatkan perniagaan anda ?? Adakah anda memerlukan modal untuk memulakan perniagaan? Apapun masalah kredit anda mungkin, di sini datang bantuan anda kerana kami menawarkan pinjaman kepada individu dan syarikat di rendah dan berpatutan suku bunga. Hubungi kami hari ini di (CHOSENLOANFIRM@GMAIL.COM)

Joy Wilson said... 9 October 2016 at 19:59

Halo, aku Joy Wilson, pemberi pinjaman kredit swasta, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya sah terdaftar dan disetujui untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman reputasi kami.
Anda dapat menghubungi kami melalui Email: joywilsonloanfirm@gmail.com

Widya Okta said... 10 October 2016 at 20:58

Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

ramond george said... 13 October 2016 at 12:50

Apakah Anda membutuhkan pinjaman? telah bank membantah Anda dari pinjaman, kami di sini untuk membantu Anda secara finansial, untuk mendapatkan pinjaman instan Anda dari setiap jumlah di tempat tujuan apapun. kebahagiaan Anda adalah prioritas kami. yang harus Anda lakukan sekarang adalah untuk email kami melalui (ramondgeorgeloanfirm @ gmai l.com)

ramond george said... 13 October 2016 at 12:50

Apakah Anda membutuhkan pinjaman? telah bank membantah Anda dari pinjaman, kami di sini untuk membantu Anda secara finansial, untuk mendapatkan pinjaman instan Anda dari setiap jumlah di tempat tujuan apapun. kebahagiaan Anda adalah prioritas kami. yang harus Anda lakukan sekarang adalah untuk email kami melalui (ramondgeorgeloanfirm @ gmai l.com)

william Annabelle said... 22 October 2016 at 22:11

Hari baik untuk Anda,
Anda membutuhkan solusi untuk masalah Anda dan di mana untuk mendapatkan pinjaman dari?
saya pinjaman pemberi pinjaman que terdaftar diperbolehkan untuk memberikan Jaminan
pinjaman bagi Individu dan perusahaan Bisnis
dan Anda ditolak kredit dari bank atau lembaga keuangan untuk satu atau anothe Alasan
Apapun kebutuhan pinjaman Anda, jangka panjang atau pinjaman jangka pendek, pribadi
atau hipotek, kami siap untuk berbicara dengan Anda tentang bagaimana kami dapat memenuhi Anda
kebutuhan, dan bagaimana Anda bisa mendapatkan pinjaman ini mentransfer online untuk Anda
Biarkan kami membantu Anda mengatur pembiayaan dan juga mendapatkan pinjaman sangat sah
sebesar 2%
Silahkan hubungi kami hari ini dengan mengirimkan email ke email Mengikuti
addresss.
EMAIL: Annabelleloanfirm@gmail.com

Magret Spencer said... 24 October 2016 at 15:22

KAMI MEMBERIKAN OUT PINJAMAN UNTUK AKHIR TAHUN PAKET DI RATE SANGAT RENDAH.
Halo, Saya Magret Spencer, seorang pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda berada di utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya telah terdaftar dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.
Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

Juliet Owen said... 28 October 2016 at 11:28

Anda berada di kesulitan keuangan? Apakah Anda ingin memulai bisnis Anda sendiri? Perusahaan pinjaman didirikan organisasi hak asasi manusia di seluruh dunia dengan tujuan tunggal membantu orang miskin dan orang-orang dengan kesulitan keuangan yang hidup. Jika Anda ingin mengajukan pinjaman, kembali ke kami dengan rincian di bawah email: julietowenloancompany@gmail.com


Nama lengkap:
jumlah pinjaman :
Pinjaman Durasi:
Pendapatan bulanan :
negara:
Seks:
Nomor telepon:
Tanggal lahir :

Terima kasih dan Tuhan memberkati
JULIETOWENLOANCOMPANY
(Julietowenloancompany@gmail.com)
Ibu Juliet

All_States Loan Grants said... 1 November 2016 at 04:26

Halo orang,
Saya Hakeem Abdulrashid. Saya bekerja sebagai Loan Officer untuk All_States Pinjaman Hibah; salah satu perusahaan pinjaman independen terkemuka di seluruh dunia. Kami telah membantu pelanggan mengubah dan memperbaiki kehidupan dan bisnis mereka selama lebih dari 25 tahun. Kami memberikan pinjaman untuk membantu individu, perusahaan yang perlu memperbarui status keuangan mereka di seluruh dunia, dengan tingkat bunga tahunan paling tidak sebagai Low 2% dalam waktu satu tahun sampai 20 tahun periode durasi pembayaran untuk setiap bagian dari dunia. Kami memberikan pinjaman dalam kisaran 1.000 dolar untuk 500 juta dolar tanpa agunan. Pinjaman kami diasuransikan dengan baik. keamanan maksimum adalah prioritas kami. Hubungi kami hari ini.
E-mail: hakeemabdul.loangrants@gmail.com
Nomor Telepon: +1 (804) 859-5285

Hakeem Abdulrashid
Pinjaman Agen,
All_States Pinjaman Hibah

Lucy smith said... 2 November 2016 at 06:30

Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2%. Hore !!! Ini hampir sampai ke akhir tahun ini dan kami berada di Lucy Badan Kredit, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

Informasi Peminjam:

Nama lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
Pinjaman Durasi: ____________
Pinjaman bunga: _____________
Nomor ponsel: ________

Lucysmithloanfirm
(Lucysmithloanfirm@gmail.com)

dan davis said... 4 November 2016 at 22:19

Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan pinjaman? Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda dalam utang? Ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda, kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha dan kredit korporasi dan segala jenis pinjaman dengan bunga 2% untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email (dandavisloanfirm@gmail.com)

dan davis said... 4 November 2016 at 22:30

Hello, Are you a business man or woman? Are you in any
stress I finance or need funds to start up your own
business? Do you need loan to settle your debt or pay
your bills? Do you have a low credit score and have
difficulty obtaining loan from local banks and other
financial institutions? I wish to inform you that offer loans
at low interest rate 2%, if you are interested in obtaining a
loan from us, please contact us via email :(DANDAVISLOANFIRM@GMAIL.COM)

dan davis said... 4 November 2016 at 22:34

Halo, Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah Anda dalam setiap
stres saya membiayai atau butuh dana untuk memulai Anda sendiri
bisnis? Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang atau membayar
tagihan Anda? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan memiliki
kesulitan memperoleh pinjaman dari bank lokal dan lainnya
lembaga keuangan? Saya ingin memberitahu Anda bahwa tawaran pinjaman
pada tingkat bunga rendah 2%, jika Anda tertarik dalam memperoleh
Pinjaman dari kami, silahkan hubungi kami melalui email: (DANDAVISLOANFIRM@GMAIL.COM)

Quality assurance loan said... 5 November 2016 at 07:14

Selamat Datang Untuk JAMINAN KUALITAS KREDIT TERBATAS A Personalized Service untuk Semua Kebutuhan Keuangan Anda)
Penyedia Penawaran Kredit pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%, kami menawarkan pinjaman pribadi, hutang konsolidasi pinjaman, Venture
Modal, Kredit Usaha, Kredit Pendidikan, Loan Home, dan Pinjaman untuk alasan dan kebutuhan mendesak !. Apakah Anda pernah ditolak
oleh bank Anda? Apakah Anda memiliki kredit yang buruk? Apakah Anda memiliki tagihan yang belum dibayar? Apakah Anda dalam utang Apakah Anda perlu mengatur bisnis? Tidak khawatir lagi karena kami di sini untuk menawarkan pinjaman bunga rendah. pinjaman berkisar kami dari $ 2.000 USD (DUA Ribuan dollar AS ke atas}. Kami juga meminjamkan di USA DOLAR EURO dan POUND !! Jika Anda
tertarik mengisi rincian di bawah ini dan jangan ragu untuk menghubungi kami melalui
Email: (Qualityassuranceloan6@gmail.com)

PINJAMAN FORMULIR

INFORMASI PRIBADI
Nama lengkap……………………….
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan ........................
Lamanya…………………………………
Gender ... ..................................
Agama: .................................
Provinsi / Negara: ..................................
Kota .. .....................................
Negara…………….
Usia……………………
Kontak Alamat;… ………………………
Pekerjaan: ....................................... ..
Pendapatan bulanan ……………….
Nomor ponsel :……………………
Tujuan Dari Pinjaman: ...............................
Apakah Anda menerapkan sebelum {ya atau tidak} ............... ..
Semoga berhasil
Terima kasih dan Salam

Quality assurance loan said... 5 November 2016 at 07:16

Selamat Datang Untuk JAMINAN KUALITAS KREDIT TERBATAS A Personalized Service untuk Semua Kebutuhan Keuangan Anda)
Penyedia Penawaran Kredit pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%, kami menawarkan pinjaman pribadi, hutang konsolidasi pinjaman, Venture
Modal, Kredit Usaha, Kredit Pendidikan, Loan Home, dan Pinjaman untuk alasan dan kebutuhan mendesak !. Apakah Anda pernah ditolak
oleh bank Anda? Apakah Anda memiliki kredit yang buruk? Apakah Anda memiliki tagihan yang belum dibayar? Apakah Anda dalam utang Apakah Anda perlu mengatur bisnis? Tidak khawatir lagi karena kami di sini untuk menawarkan pinjaman bunga rendah. pinjaman berkisar kami dari $ 2.000 USD (DUA Ribuan dollar AS ke atas}. Kami juga meminjamkan di USA DOLAR EURO dan POUND !! Jika Anda
tertarik mengisi rincian di bawah ini dan jangan ragu untuk menghubungi kami melalui
Email: (Qualityassuranceloan6@gmail.com)

PINJAMAN FORMULIR

INFORMASI PRIBADI
Nama lengkap……………………….
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan ........................
Lamanya…………………………………
Gender ... ..................................
Agama: .................................
Provinsi / Negara: ..................................
Kota .. .....................................
Negara…………….
Usia……………………
Kontak Alamat;… ………………………
Pekerjaan: ....................................... ..
Pendapatan bulanan ……………….
Nomor ponsel :……………………
Tujuan Dari Pinjaman: ...............................
Apakah Anda menerapkan sebelum {ya atau tidak} ............... ..
Semoga berhasil
Terima kasih dan Salam

KATHLEEN FOSTER LOAN FIRM said... 6 November 2016 at 08:44

KABAR BAIK!

Untuk benar memperkenalkan diri,
Saya Ibu KATHLEEN dari [KATHLEEN FOSTER PINJAMAN PERUSAHAAN]
Saya pemberi pinjaman pribadi, perusahaan saya memberikan pinjaman dari semua jenis dengan tingkat bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan keuangan pada langkah pintu Anda, berlaku hari ini dan mendapatkan pinjaman cepat Anda. Ada banyak di luar sana mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan masih namun mereka tidak mampu untuk mendapatkan satu. Tapi ini adalah kesempatan keuangan pada langkah pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak mampu untuk lewatkan kesempatan ini.
Layanan ini membuat baik individu, perusahaan, bisnis pria dan wanita.
Jumlah pinjaman yang tersedia berkisar dari setiap jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email: kathleenfosterloanfirm@gmail.com
OR Via: kathleenfosterloanfirmUS@gmail.com

Quality assurance loan said... 7 November 2016 at 14:26

Selamat Datang Untuk JAMINAN KUALITAS KREDIT TERBATAS A Personalized Service untuk Semua Kebutuhan Keuangan Anda)
Penyedia Penawaran Kredit pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%, kami menawarkan pinjaman pribadi, hutang konsolidasi pinjaman, Venture
Modal, Kredit Usaha, Kredit Pendidikan, Loan Home, dan Pinjaman untuk alasan dan kebutuhan mendesak !. Apakah Anda pernah ditolak
oleh bank Anda? Apakah Anda memiliki kredit yang buruk? Apakah Anda memiliki tagihan yang belum dibayar? Apakah Anda dalam utang Apakah Anda perlu mengatur bisnis? Tidak khawatir lagi karena kami di sini untuk menawarkan pinjaman bunga rendah. pinjaman berkisar kami dari $ 2.000 USD (DUA Ribuan dollar AS ke atas}. Kami juga meminjamkan di USA DOLAR EURO dan POUND !! Jika Anda
tertarik mengisi rincian di bawah ini dan jangan ragu untuk menghubungi kami melalui
Email: (Qualityassuranceloan6@gmail.com)

PINJAMAN FORMULIR

INFORMASI PRIBADI
Nama lengkap……………………….
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan ........................
Lamanya…………………………………
Gender ... ..................................
Agama: .................................
Provinsi / Negara: ..................................
Kota .. .....................................
Negara…………….
Usia……………………
Kontak Alamat;… ………………………
Pekerjaan: ....................................... ..
Pendapatan bulanan ……………….
Nomor ponsel :……………………
Tujuan Dari Pinjaman: ...............................
Apakah Anda menerapkan sebelum {ya atau tidak} ............... ..
Semoga berhasil
Terima kasih dan Salam

Paul Hart said... 8 November 2016 at 20:05

Halo,

Aku Bapak Paul Hart pemberi pinjaman kredit pribadi dan kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 3%, saya menawarkan pinjaman kepada individu dan perusahaan atau sekelompok orang yang secara finansial turun.
Ini adalah Peluang keuangan di depan pintu Anda langkah hari ini dan mendapatkan tampilan yang cepat ada pinjaman.
Ada banyak Peluang keuangan dan bantuan Sepanjang situs dan masih tidak bisa menerimanya. Tapi itu adalah Peluang keuangan di pintu langkah, dan kekeringan dan tidak bisa melewatkan Peluang emas ini.
Layanan ini disediakan untuk Individu, perusahaan, dan bisnis pria dan wanita. Jumlah pinjaman yang tersedia dalam berbagai dari $ 1,000.00 sampai $ 500.000.000,00 atau pilihan Anda. berikut adalah beberapa pertanyaan: Apakah Anda membutuhkan pinjaman tanpa Arti, Anda ingin membayar rekening Anda berada di masalah keuangan ?, Anda perlu solusi keuangan ?. Berikut adalah solusi untuk semua masalah keuangan Anda.
Aku memberikan pinjaman untuk proyek, bisnis, pajak, tagihan, dan banyak Alasan lain, pinjaman kami mudah dan * disensor * Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui e-mail: paulhartloanfirm@yahoo.com

Arlene williams said... 9 November 2016 at 10:09

Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk membangun bisnis Anda atau untuk membayar tagihan Anda? Kami memberikan pinjaman @ tingkat 2% jadi jika Anda membutuhkan pinjaman perusahaan yang terpercaya, silakan hubungi (arlenewilliamsloanfinance@hotmail.com)

Salam

Arlene Williams

Terima kasih

vick sheddy said... 10 November 2016 at 05:09

PELUANG LAIN LAGI, APAKAH ANDA USAHA MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman tahun baru pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat memulai tahun baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan kami pelanggan adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini:
Informasi Peminjam:

Nama Lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
Durasi Pinjaman: ____________
Tujuan pinjaman: _____________
Nomor Cell Phone: ________

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: vicksheddyloancompany@gmail.com

 
Top