#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bintang 14 Hari blibli Blog competition Blogging Budaya Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia Kangen Band Karya Kata Depan di ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan Reportase Resensi Buku Retweet Review review produk saleduck Sastra Sastra & Seni SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya Subjektif Teknologi Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger

 

Kecerdasan anak dapat kita lihat dalam kehidupannya keseharian dalam pergaulannya bersama teman dan lingkungannya. Dengan pola tingkah  keluguannya, yang selalu didasari rasa keingintahuan yang tinggi, terkadang selalu membuat prilaku anak melakukan hal-hal yang selalu saja mencoba segala sesuatunya dengan apa yang dilihat mata kepalanya langsung.
Seperti yang terlihat dalam photo sebelah kanan ini, seorang anak dengan santainya mengambil buah dengan gala, tanpa harus menaiki pohonnya. Inilah yang bisa dikatakan cerdas, namun dia belum tentu tahu dampak dari perilaku yang dia lakukan untuk kehidupan disekelilingnya.
 
Lihat photo disebelah kiri, setelah berhasil memetik buah melalui gala, anak tersebut dengan senyumn melihat hasil dari pekerjaannya. Disanalah rasa senang terpancar di mukannya. di tidak memperdulikan besar dan kecilnya hasil dari perburuan buahnya pada saat ini. Namun, yang dia rasakan adalah sebuah keberhasilan.
Dari sebuah cerita kehidupan anak ini dapat menggambarkan bahwa, pada diri setiap manusia memilki kecerdasan dalam menyikapi permasalahan dan tantangan yang di dalam kehidupan ini. Namun, dengan menggunakan kecerdasan dan cara sederhana, dia melakukan hal ini secara sederhana untuk memperoleh hasil. Bukan hanya pusing untuk selalu berdebat untuk sebuah hasilnya yang hanya mementingkan dirinya sendiri dan kelompoknya.
Artikel ini ditulis sebagai nasihat kebiakan untuk kita semua, tanpa bermaksud menyinggung pihak lain. Karena kita sebagai manusia selalu di tuntut untuk selalu dapat menggunakan kecerdasan dalam memberikan manfaat yang positif dalam kehidupan di bumi ini. Salam,
Indra Kusuma Sejati
Ejawantah's Blog
Label:

Post a Comment

  1. anak cerdas terbentuk dari peran orang tua dan lingkungan yang cerdas juga lho...

    salam.....

    ReplyDelete
  2. wahh aku waktu kecil,di halaman rumah paling seneng ngambil jambu pake galah gitu,berarei aku anak cerdas donk hehee...

    ReplyDelete
  3. bener bener....
    semoga kita semua bisa bertindak CERDAS dalam segala hal ya

    ReplyDelete
  4. Dija juga cerdas lho Tante...
    tapi Dija belom kuat pegang galah

    ReplyDelete
  5. mantap banget ya.... ide-ide cemerlang seorang anak kecil kadang malah bisa terhambat oleh orang tuanya

    ReplyDelete
  6. cerdas bgd asal bukan jambu tetangga ya mah hihihi

    ReplyDelete
  7. wah...berarti anak2 mimi cerdas semua ya,,,bisa2 nya manjat2 puun jambu aer yg tingginya aja lbh dr loteng rumah heheheh

    salam ejawantah :D

    ReplyDelete
  8. Pak Indra, anak2 sekarang kayaknya memang lebih banyak yang cerdas dari pada yang enggak. Pasti banyak faktor penyebabnya. Gizi, media informasi, hiburan, sekolah sampai peran orang tua. Beruntunglah mereka hidup dijaman kelimpahan informasi ini. Kita sebagai orang tua, mau gak mau harus ikut cerdas pula, guna memaksimalkan potensi mereka..

    ReplyDelete
  9. hahaa..kale-kale mi jambu tetangga juga sih..
    wah Dija nanti tante nchie ajarin deh manjat,jangan pake galah..

    ReplyDelete
  10. perilaku anak cenderung mencontoh apa yang dia lihat dan dia dengar
    anak itu mungkin pernah melihat orang dewasa di sekelilingnya yang mengambil buah dengan bantuan galah, maka itu dia menirunya :)
    pintar :)

    ReplyDelete
  11. Naek pohon kalau milik sendiri sih gak masalah pak, yang jadi masalah naek pohon, lupa turun dan pohon mangga itu milik tetangganya :lol:

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ReplyDelete
  12. Benar Mba, jika kita tidak dengan hati yang lapang dan mengikuti perkembangan maka kita bisa kalah dan tidak bisa mengimbangi kemajuan anak kita.

    ReplyDelete
  13. Oya..... semoga kita dapat membimbing anak-anak kita menjadi anak yang cerdas dan bertanggung jawab.

    ReplyDelete
  14. Inget masa kecil ya Mba, sama kaya aku dong. he,,,,x9

    ReplyDelete
  15. Untuk itu, sebagai orang tua jaman sekarang dituntut tidak memaksakan kehendak anak, namun lebih dari pada mengimbangi perkembangannya Sob !

    ReplyDelete
  16. He....x9 sama dong Mba pada saat saya kecil.

    ReplyDelete
  17. He....x9 sepertinya seperti itu Mba.

    ReplyDelete
  18. He....x9 Kan ranting dan daunnya menjorok kejalanan Sob. Jadi milik umum dong ? Berarti anak yang didalam foto itu cerdas.

    ReplyDelete
  19. semoga saya bisa membentuk prilaku anak dgn baik pak

    ReplyDelete
  20. betul sekali.. kalau anak dibiasakan mandiri dari dini.. maka kecerdasan dengan sendirinya akan terbentuk.. selain ada faktor-faktor lain yang mendukung terbentuknya kecerdasan seorang anak

    ReplyDelete
  21. Memang kita harus belajar untuk selalu bijak untuk mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi mandiri dan kuat akan mentalnya. Sukses selalu.

    ReplyDelete
  22. Amiiiin ! kita doakan bersama Mba.

    ReplyDelete
  23. Dilanjut Sob ! dan sukses selalu.

    ReplyDelete
  24. Setuju Mas. Sukses juga untuk anda bersama teamnya.

    ReplyDelete
  25. semoga Nay bisa menyelesaikan semua masalah yg ada dalam hidup Nay ^_^

    ReplyDelete
  26. Saleum,
    Disaat anak sedang tumbuh, rasa ingin tahunya sangat besar. kenapa buah jambu ada diatas, trus gimana cara mengambilnya, maka dicoba lah berbagai cara. akan tetapi jika ada bimbingan langsung dari orang2 terdekatnya, pasti dia akan segera tahu cara ambil buah jambu itu dengan mepergunakan kayu panjang misalnya sehingga dengan segera dia mampu melakukannya. bimbingan yang tepat akan membuat anak akan cepat pandai.

    ReplyDelete
  27. Adalah lebih bijak jika orang tua selalu memberi pengertian pada anaknya terhadap sesuatu dengan bijak tanpa melupakan unsur edukasinya juga.

    ReplyDelete
  28. kalo dulu dhe lebih suka manjat pohon mas.. habisnya kalo make jala gitu suka gk sabar, meleset terus.. jadi cara paling cepat dan ampuh ya manjat.. hehe

    ReplyDelete
  29. setiap anak itu punya bakat cerdas dari lahir, dan tergantung orang tua, guru dan lingkunganlah yang mengarahkan.

    Makanya sekarang tuh ilmu Parenting sangat berguna, karena kondisinya sudah beda dg jaman dulu. Anak harus lebih baik dari orang tuanya, tapi orang tuaharus lebih pintar.

    ReplyDelete
  30. cara berfikir seorang anak sama seperti sebatang pohon, terus tumbuh, agar tumbuhnya bagus, maka harus kita luruskan, agar tidak bercabang kemana-mana dan mudah roboh

    ReplyDelete
  31. teman dan sekitar bisa membuat perilaku anak ituh baik atau tidak....

    ReplyDelete
  32. Kalau manjat biasanya hasilnya lebih banyak dari pada pakai galah Dhe. He....x9

    Sukses selalu

    ReplyDelete
  33. Benar Mba, jaman sekarang setiap orang trua harus terlibat langsung dan memilki peran aktif dalam mengikuti perkembangan pertumbuhan diri mereka.

    ReplyDelete
  34. Disitulah kita semua memilki peran serta, seperti masyarakat dan lingkungan juga tidak semudah itu menegembalkan sehala urusan peroalan yang tercipta di lingkungannya.

    ReplyDelete
  35. Ya... wdiri kita juga harus ikut serta dalam menciptakan suasana di linggungan.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blob

    ReplyDelete
  36. dan biasanya itu di sebut dengan proses alam, kira-kira begitu ya sob :D

    ReplyDelete
  37. kebanyakan anak-anak sekarang memang cerdas2..
    kadang suka takjub juga dengan tingkah polah ponakan2 saya :-D

    ReplyDelete
  38. inget waktu kecil aku, aku juga suka sekali ngambil buah-buahan apa saja pake galah, sampe sampe semua buah orang lain pun saya ambil hihi

    obat infeksi alat kelamin

    ReplyDelete
  39. mnurut saya ... kecerdasananak dapat berkembang baik kalau peran orang tua ikut serta

    ReplyDelete
  40. Senang bisa berkunjung di blog Anda. trims.

    Buruan Gabung Sekarang Juga Bersama Kami dan Dapatkan Juga Bonus Hingga Jutaan Rupiah disetiap Harinya.
    mgmdomino

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.