#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #8TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bahasa Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bermain Kata Kunci Bintang 14 Hari blibli Blog competition Bloger di Masa Depan Blogging Budaya Buku Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Google Question Hub Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hari Bloger Nasional Hari Blogger Nasional Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali hubungan Imbuhan Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Jakarta Kangen Band Karya Kata Depan di KBBI ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Liburan life Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Peduli Kata Kunci Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan relationship Reportase Resensi Buku Resolusi Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni self help SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif tahun baru Teknologi teman Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling tulisan pilihan Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger


Tak dapat dipungkiri bahwa persaingan dalam dunia pekerjaan saat ini sungguh sangat luar biasa ketatnya. Para karyawan/pegawai saling berlomba untuk mendapatkan golongan, pangkat dan jabatan yang baik dan tentunya juga mendambakan penghasilan dan fasilitas yang semakin baik pula.

Hal inilah yang mendorong beberapa orang yang nyalinya ciut dan kurang bersabar dalam meniti kariernya berusaha untuk melakukan kegiatan dan acara apapun untuk menggapai cita-cita atau keinginannya tersebut.Tak heran diantara mereka ada yang memakai gaya katak dalam rangka memenangkan persaingan.
Silahkan memperhatikan bagaimana jika sesorang yang sedang berenang menggunakan gaya katak. Kedua belah tangan diatas kepala dengan posisi seolah menyembah, lalu dikibaskannya kesamping agar bia maju dan kedua kakinya menendang kesana-kemari agar laju dirinya semakin cepat.


Tangan menyembah adalah lambang penjilat atau orang yang suka mencari muka kepada atasannya. Apapun ditempuhnya agar atasan senang kepada dirinya. Sayangnya langkah yang ditempuhnya bukan berupa tampilan kinerja yang baik tetapi justeru kadang tak ada kaitannya dengan tugas pokoknya. Mungkin dia memberi upeti atau bahkan menyemir sepatu atasannyapun dia lakukan asal tujuannya tercapai.
Tangan mengibas kesamping melambangkan langkah sesorang yang menyikut atau berusaha menyingkirkan para pesaing yang dianggap akan menghambat laju kariernya. Orang semacam ini tak segan-segan melakukan black campaign atau kampanye hitam untuk menjatuhkan pesaingnya. Kegiatan memfitnah, menyiarkan berita bohong dan adu domba adalah medianya.

Kedua kaki yang menendang kebawah melambangkan tindakan semenap-mena terhadap kalangan bawah. Orang ini tak segan-segan mengeksploitasi bawahannya untuk kemajuan dirinya. Anak buah dibuat tak berdaya dan bekerja setengah mati untuk membantunya sementara itu karier dan kesejahteraannya tak mendapat perhatian yang pantas.

Itulah langkah yang ditempuh orang yang ingin maju sendirian. Rela mengorbankan sahabat dan bawahannya dan mencari muka kepada atasannya. Dia tak perduli dengan sahabat atau bawahannya asal dia sukses. Padahal seandainya kesuksesan itu diraihnya mungkin tak bisa langgeng karena cepat atau lambat akan tergilas oleh mereka-mereka yang bekerja secara profesional dan bermoral.

Upaya untuk mencapai kesuksesan dalam tugas seharusnya ditempuh dengan cara-cara yang profesional dengan mengedepankan kinerja yang baik dan diikuti oleh akhlak yang baik pula. Kesetiaan atau loyalitas yang dibangun juga harus loyalitas timbal balik yaitu kepada atasan, kepada kolega dan kepada bawahan Dengan demikian jika ia sukses maka kesuksesan itu adalah sukses dalam kebersamaan.
Semoga kita senantiasa berada pada jalur yang benar dan diridhoi Tuhan dalam segala pikiran,ucapan dan tindakan kita. Amiin.
Label:

Post a Comment

  1. Amiiin.......smg ya pakdhe kita sllu istiqomah dlm memegang suatu jabatan. Dari Ayah almarhum, sampai suami sekarang merasaan hal yg pakdhe sebutkan diatas,,,jadi kami ga heran lagi liat kelakuan si "katak" itu hehe

    ReplyDelete
  2. Saya gak bisa renang neh, berarti juga gak bisa renang bergaya katak...hehehe

    ReplyDelete
  3. katak suka menjulurkan lidahnya untuk mengambil mangsanya, persis banget tuh dhe istilah penjilat didunia pekerjaan. @Mbak Ririe bisanya gaya apa? gaya terapung ya hehehe

    ReplyDelete
  4. huaha analogi katak...
    aku bisa rena gaya batu je.

    ReplyDelete
  5. betul banget...!!!persis gaya katak tuh....sukanya nendang2, gak liat apa klo di tendang tuh sakit....apa lg sakit hati, sembuhnya lamaaaa trus bikin dendam, nambah dosa...hhiii....takuuddd (kabooorrr...)

    ReplyDelete
  6. Yup, mari kita luruskan niat"bekerja untuk ibadah" agar hasilnya barokah dan tetap "on the right track"
    Masuk bui itu sakit Jenderal.

    Salam

    ReplyDelete
  7. kalah sama cucuku Dita dan Briga, masih kelas 4 dan 1 SD sudah yahuud renangnya nduk
    sala

    ReplyDelete
  8. Itu dia, semua di caplok
    akhirnya mendekam di penjara ya jeng
    salam

    ReplyDelete
  9. masya allah, semoga kita di jauhkan dari sifat2 seperti itu ya pakdhe....pokoke jangan niru-niru gaya si katak deh....

    ReplyDelete
  10. Mari kita bekerja dengan baik agar hidup kita bermanfaat bagi sesama.
    Salam

    ReplyDelete
  11. Benar nduk
    Hidup hanya sekali
    jangan dinodai
    salam

    ReplyDelete
  12. Dulu di kantor saya suasananya seperti itu tuch....kalo ada karyawan yng bisa menjilat bos, tiap 3 bulan sekali gajinya naik...padahal sebenere ngga bisa kerja....sementara kita2 yang kerja setengah mati...karna ngga dekat sm bos, 1 tahun sekali aja belum tentu naik gaji......naseeebbb

    Belum lagi karyawan yang penjilat itu, mau naik jabatan, menjadikan kepala kita-kita ini sebagai tangganya......hmmm

    Tapi pada akhirnya kalo bosnya juga seneng diperlakukan seperti itu, dijamin perusahaan ngga akan berkembang...krna karyawannya penuh dgn orang2 munafik yg sebenarnya ngga bisa kerja.....dan akhirnya perusahaanya bangkrut wkwkwkw......

    ReplyDelete
  13. jauh2 deh dari gaya katak berenang :D

    ReplyDelete
  14. Saleum,
    Akan lebih baik bila dari awal terpupuk sikap propesional dalam bekerja sehingga bila nanti posisi karirnya sudah tinggi sikap yang terbina sejak masih bawahan dulu bisa dijadikan landasan untuk memberi contoh bagi pegawai yang lain.

    ReplyDelete
  15. yaa si katak nakal deyh... wah pakdhe bagus ini buat yang baru2 kerja kayak niar, kerja terus yang cemunguutt :D

    ReplyDelete
  16. Artikel yad akan saya bahas ttg boss juga.
    Salam

    ReplyDelete
  17. Bener, jauhi sifat seperti itu.
    Gak ilok dan sangat dibenci Tuhan dan manusia.
    salam

    ReplyDelete
  18. Benar bang, atasan juga jangan pilih kasih kepada karyawannya.
    Salam

    ReplyDelete
  19. Profesional dan bermoral nduk, Insya Allah akan maju jaya ekspress.
    salam sayank

    ReplyDelete
  20. menyembah atasan, menginjak, menyepak bawahan atau sesama rekan. Astaghfirulloh! type pekerja seperti ini sangat menyebalkan, dan semoga saja saya tak pernah ( sedikitpun ) mempraktekannya. insya Allah.

    Matur nuwun pituturnya, Pak Dhe.
    Salam untuk seluruh pengunjung WB, juga warga BlogCamp dan tentu saja keluarga di Surabaya.

    ReplyDelete
  21. makasih pakdhe info nya bagus sekali ;)

    ReplyDelete
  22. Wah gambaran yang bagus pak, untuk menggambarkan penjilat. Mereka (penjilat) hanya berorientasi kepada Tahta dan Harta. Tapi atasan sekarang juga bisa menilai kok pak, mana yg penjilat mana yang bener2 berusaha. hehe
    salam kenal, saya juga sudah join, mampir ke dimasgeel ya :)

    ReplyDelete
  23. Wah pintar banget nih yang nulis, mengibaratkan si penjilat dengan "Katak", PAS banget. Tapi semoga saya tidak seperti itu pakde ^-^

    ReplyDelete
  24. Filosofis katak.
    Menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya. Entah itu menye,bah atasan, mengibas kawan dan menendang pastrner kerja. Nggak peduli siapa pun itu. Yang menghalangi jalannya akan disingkirkan.

    ReplyDelete
  25. ya nanti bandingannya juga dengan cucu saya Pakdhe...hehehe

    ReplyDelete
  26. g bisa renang ^^

    buat renungan nih :D

    ReplyDelete
  27. salam sahabat
    kalao soal renang saya nyerah makanya gaya katak atau apa saya tidak tahu heheheh
    oh iya lam kenal dan udah saya folow makasih ya

    ReplyDelete
  28. Aku ga bisa berenang Dhe..
    Untung saja..

    Makasih sudah mengingatkan kita semua

    ReplyDelete
  29. nah untung lagi nih, orang kita emang selalu untung katanya, hehehe :D
    untungnya saya gak kerja, hehehe, jadi gak bisa tuh gaya seperti itu :p

    ReplyDelete
  30. semoga saya tidak melakukan hal itu....

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.