Penulis
Oleh: Indra Kusuma Sejati

Memasuki masa liburan yang sebentar lagi akan tiba pada bulan Mei hingga Agustus ini, tidak salahnya bila penulis berbagi beberapa tips untuk berlibur tanpa membuat kita semakin stres menghadapi hal seperti mengatur keuangan dan waktu. Apalagi bila sudah menyangkut dengan keluarga.

Ayah, ibu, anak merupakan bagian dari sebuah keluarga kecil. idealnya jika anak yang dimiliki satu putra dan satu putri, hal ini merupakan gambaran keluarga harmonis nan manis. Mungkjn hal ini sedikit merepotkan bila berlibur bersama keluarga. Namun, hal ini akan sangat menyenangkan hati kita sekeluarga.



Dari variasi jenis wisata, dari yang dalam katagori "aman" untuk si kecil, sampai yang memerlukan kekompakan orangtua dan anak. Hal paling awal yang teringat selalu dalam ingatan penulis adalah ketika harus membantu menyeret koper si kecil, sementara koper kita pun tidak kalah heboh akan ukurannya. terutama berpergian dalam jangka waktu lebih dari 3 hari. Di sinilah kita memerlukan kejelian dalam mengatur barang bawaan kita. karena tidak ada yang lebih membahagiakan dari kebersamaan bersama orang-orang terdekat di dalam keluarga.

Nah sahabat, ijinkanlah penulis untuk berbagi tips pengalaman liburan berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa rekan dalam mengisi liburan bersama anak-anak kita pada saat liburan tiba.

  1. Rencanakan kegiatan liburan persis seperti perencanaan kebutuhan keluarga. Berusaha selalu untuk melakukannya dan berupaya mendapatkan semua yang terbaik, mulai dari tempat duduk dalam penerbangan, hotel, dan ruangan penginapan yang tersedia.
  2. Resor yang terbaik untuk keluarga bergantung pada usia putra-putri kita dan kepentingan setiap anggota keluarga. mulailah dengan mencatat kebutuhan dan keinginan kita beserta seluruh anggota keluarga lainnya.
  3. Cari tempat liburan yang memiliki kriteria sesuai kebutuhan. Banyak orangtua yang berpikir bahwa mereka harus mengorbankan waktu liburan mereka dan memberikan sepenuhnya pada anak-anak. Banyak resor yang menawarkan fasilitas yang cocok untuk anak-anak maupun orang dewasa.
  4. Pertimbangkanlah tujuan yang menawarkan berbagai pilihan bagi semua orang dalam keluarga. Mungkin saja putra-putri kita bosan pergi ke kolam renang yang sama setiap mingaunya. Dan juga bosan dengan menu makannya yang selalu sama.
  5. Gunakanlah fasilitas pada telepon selular kita seperti GPS dalam menanggulangi keadaan darurat, misalnya dalam keadaan tersesat.
  6. Ciptakanlah suasana nyaman selam berkendaraan. Dan Aturlah tempat duduk bayi, ransel anak,dan lain-lain.
  7. Lakukanlah permainan yang seru dan menyenangkan bersama putra-putri kita, atau kita juga dapat membawa mainan yang digemari anak-anak kita.
  8. Selalu membawa perlengkapan P3K, cukup yang sederhana. Misalnya perban, alkohol, minyak kayu putih, tabir surya, serta semprotan untuk serangga.
  9. Pastikan semua anggota keluarga mengemukakan pendapatnya sebelum menetapkan tanggal. Ajak anak kita menjadi bagian dari proses perencanaan sejak awal. Dan mintalah pendapat mereka dalam menentukan tujuan wisata Dan berilah tantangan sekaligus tanggung jawab kepada mereka, sehingga mengurangi keinginan mereka yang selalu berubah-ubah pada hari H.
  10. Siasati waktu liburan kita dengan membawa bekal dan tidak bermalam.
  11. Dengan mengarahkan putra-putri kita untuk menulis sebuah tulisan pengalaman berpergian mereka. Hal ini dapat membantu untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitas, mereka dapat mengambil pelajaran dari perjalanan yang dilakukan dan mengingatnya sebagai kenangan yang memberikan kesan.
  12. Carilah informasi mengenai obyek-obyek wisata yang akan dikunjungi apa saja yang ada di sana, yang bisa dilakukan, dan informasi lain yang diperlukan. Dengan demikian, kita dapat menyiapkan keperluan keperluan kita selama berada di tempat tersebut

Semoga saja hal ini dapat membantu rekan-rekan dalam menghadapi liburan panjang di pertengahan tahun ini. Dan kita akan lebih dapat menikmati perjalanan liburan bersama keluarga kita.


Salam,


Blog    : 
  1. Ejawantah's Blog 
  2. Masa Tour
FB       : Indra Kusuma Sejati
Twitter : R. Indra Kusuma

16 comments:

Niar Ci Luk Baa said... 20 April 2012 at 15:23

Keren...........tips liburan yang keren...

Pingin deh jalan2 liburan juga om in :D

Mama Olive said... 20 April 2012 at 16:24

keduluan Mas Indra deh..
tadinya aku mo nulis hal yang sama..

keren tipsnya..
siap planning liburan kmana yaa..

makasih ya Mas..

Tiesa said... 20 April 2012 at 17:44

makasih tipsnya mas :)

Si Belo said... 20 April 2012 at 18:48

Hikss...libur ape kaga, tetep ngejedog dirumah aje :D

Abi Sabila said... 21 April 2012 at 05:12

tahun ini tidak ada libur panjang untuk kami, Pak. Akhir Juni nanti putri saya mulai masuk ponpes. Tapi mengunjungi dia di ponpes setiap minggu mungkin bisa saya jadikan 'liburan' :)

Terima kasih tipsnya, Pak.

Salam hangat untuk keluarga tercinta.

Indra Kusuma said... 21 April 2012 at 06:07

Boleh, mudah ko. Siasati waktu yang tepat untuk berlibur dan juga obyek wisatanya. Setelah itu langsung berangkat deh ! Mudah Kan....!

Indra Kusuma said... 21 April 2012 at 06:08

Ok deh Mba, dilanjut.

Indra Kusuma said... 21 April 2012 at 06:08

Semoga bermanfaat ya !

Indra Kusuma said... 21 April 2012 at 06:08

Berarti liburan di rumah ya Mpo ?

Indra Kusuma said... 21 April 2012 at 06:09

Happy tour fun juga Mba !

Indra Kusuma said... 21 April 2012 at 06:10

Ya, mengunjungi Ponpes juga merupakan salah satu liburan religius ko mas. Yang penting hati bisa menjadi tenang dan senang.

Diandra said... 22 April 2012 at 17:10

makasih tipsnya....
tapi yang pali utama
siapkan dulu dananya kali ya...
hihihi

selamat berlibur....

Indra Kusuma said... 26 April 2012 at 04:01

xixixi.....
kalau itu sudah pasti Mba.

Dihas Enrico said... 8 May 2012 at 04:22

kalau sampai liburan malah stress itu bahaya...
terimakasih tipsnya mas...
:)

Indra Kusuma said... 9 May 2012 at 19:32

Sama-sama dan semoga bermanfaat untuk kita semua.

 
Top