Oleh: Niar Ningrum

Masa kecil adalah masa paling bahagia, dimana dapat bermain dengan riangnya. Waktu masih kecil permainan masih sangat amat sederhana. Mainannya lebih banyak hasil karya sendiri dan dimainkan bersama teman sebaya jadi lebih terasa pertemanannya Permainan layang layang yang menyenangkan sekali.

Permainan masa kecil banyak sekali seperti kelereng, lompat tali, benteng bentengan dan masih banyak lagi.  Masih inget permainan waktu kecil yang terbuat dari bambu kemudian di lem dengan kertas tipis dan diberi benang senar untuk mengudarakan mainan tersebut. Permainan layang layang identik dengan permainan anak cowok tapi anak cewek juga bisa ikutan juga lho, apa lagi untuk membuat layang layangnya mudah sekali.


 Bermain layang layang yuk

Bahan yang disiapkan untuk membuat layang layang :


  • Bambu dengan ukuran 50cm.

  •  Benang senar atau benang jahit.

  • Lem kertas.

  • Pisau.

  • Kertas Minyak.

  • Cat air dan kuas.


Langkah langkah untuk membuat layang layang :

  1.  Bambu yang telah disiapkan dengan ukuran 50cm di belah dengan pisau menjadi 6 bagian,

  2.  Kemudian bambu nya telah dibelah dengan ukuran lebih kecil dan tipis di rapikan supaya serat serat tidak ada lagi.

  3. Setelah itu di ikat ujung dengan ujung dengan benang dan membentuk belah ketupat.

  4.  Bentuk kertas minyak serupa dengan kerangka layang layang

  5. Sebelum di lem di kerangka, kertas minyak di beri gambar dengan cat air untuk mempercantik.

  6. Setelah selesai menggambar dan gambar kering bisa langsung di letakkan kertas minyaknya.

  7. Terakhir diberi benang antara ujung kanan dan kiri sisi dan tengah nya layangan tersebut.

Mudah kan membuat permainan Layang Layang tersebut, bahkan ada lagunya lho seandainya lupa untuk membuat sebuah layangan.

“Kuambil bambu sebatang, kupotong sama panjang, ku raut dan ku ikat dengan benang, ku jadikan layang layang, bermain bernyanyi, bermain layang layang, bermain kubawa ketanah lapang, hati gembira dan riang”

Mari kita lestarikan permainan anak anak yang mengasah kreatifitas dan lebih sehat.


48 comments:

fauzanmm said... 26 April 2012 at 15:57

mainnya si bisa, tapi kalo masalah buatnya, saya angkat kaki deh, (angkat tangan maksudnya :D

Ari said... 26 April 2012 at 16:02

Niar ini bandel ya dulunya, pasti bergaulnya dengan para lelaki, xixixi... :p
sampe buat layangan aja tau

Ririe Khayan said... 26 April 2012 at 16:08

yukkk..main layang-layang sambil angon kambing dengan angin semilir...seruu banget tuh

cah_kesesi_ayutea said... 26 April 2012 at 16:12

yen aku sukanya dolanan coklak.. wkwkwk

ardiansyah pango darwis said... 26 April 2012 at 16:12

wah asik
jadi inger zaman muda dulu, berlari mengejar laya-layang yang kalah wakti di beradu di atas sana, sampe ga peduli panas terik matahari dan ingus yang terus naik turun
hehehehe :D

Tiesa said... 26 April 2012 at 16:17

aku bisa bikinnya tapi ga bisa nerbanginnya, susaaahh :(

Gandi said... 26 April 2012 at 16:27

Walaaah, Niaarr... Ternyata maen layangan bukan boneka, hahaha... :-P

Tebak Ini Siapa said... 26 April 2012 at 16:35

Aku gak iso main layangan hehe~

sbetharia said... 26 April 2012 at 16:42

Ya zaman sekrg kyknya uda susah cr mainan zman dulu, pdhl mainan zaman dlu itu lebh kreatif...

#aku pernah ga ya main layang2... Lupa :D

Akhmad Muhaimin Azzet said... 26 April 2012 at 17:07

uhuiiii...., ini mainan favorit saya....
saya jadi teringat betapa luar biasa kalo ngejar layangan putus; adu kejar dengan teman, tentu rebutan segala, padahal kalo membuat sendiri juga bisa, hahaha....

Mami Zidane said... 26 April 2012 at 17:13

aku nggak pernah main layangan niar....tapi sekarang anakku seneng lho sama layangan, meskipun nggak bisa mainnya.....hehe...

Abdul Cholik said... 26 April 2012 at 17:32

Saya dulu selalu gak bagus kalau membuat layang
kadang "edek" alias bergetar-getar karena kependeken "tali goci" nya

Si Belo said... 26 April 2012 at 17:37

Kaga bise maen layang2 apelagi buatnye >.<

bunda Lily said... 26 April 2012 at 18:04

permainan masa kanak2 masa bunda dulu, kurang lebih sama dgn yang Niar alami,.
dan, kita memang biasanya membuat sendiri mainan2 tsb ...
selain layang layang .................kami juga membuat mainan2 yg lainnya
seperti bola kasti yg dibuat dr koran yg digulung2 bulat hingga padat dan berbentuk bola, juga senapan dr pelepah pisang ....
yg paling asik sih main egrang dari bahan batok kulit kelapa....

salam

Niar Ci Luk Baa said... 26 April 2012 at 18:44

perna2 bunda main bola dari koran di buat boy2an :D

paling asyik main lompat tali :D

Niar Ci Luk Baa said... 26 April 2012 at 18:52

ayuk mbak nay sini buat sama niar :D

Diandra said... 26 April 2012 at 19:10

main layang2 paling asyik diatas genting tuuh....hehe

.:diah:. said... 26 April 2012 at 19:19

Ayooo main layangan yuukks, saya gak bisa sih, tapi senang banget klo lihat layangan berlari manis berkejar-kejaran di udara :D

dulu sih waktu kecil di kompleksku paling laris (utk cewek) main lompat tari dari karet, main bongkar pasang (bajubaju dari kertas gitu) terus kwartet, bekel, petak umpet, biasanya klo ini lebih seru dengan anak2 cowok, secara lebih rame gitu. klo cowoknya mereka lebih senang main kelereng (gundu) hmm apalagi yaaa.. pokoknya mainan yang tradisional gitu deh, beda banget ma sekarang anak2 lebih senang main PS, dll

Niar Ci Luk Baa said... 26 April 2012 at 19:33

hahahaa tinggal beli yaa mas fauzan :D #praktis :p

Abi Sabila said... 26 April 2012 at 19:37

layang-layang termasuk jenis mainan yang abadi, dari jaman dulu sampai sekarang tetap banyak yang menggemari, bedanya anak jaman dulu lebih senang membuat layang-layang sendiri sedang anak jaman sekarang lebih praktis dengan membeli yang sudah jadi. Di warung sebelah rumah satu buah layang-layang hanya seharga 500 rupiah.

Niar Ci Luk Baa said... 26 April 2012 at 19:37

hahaha ndak yaa mas ari :p
cuma teman2nnya lelaki :p

Niar Ci Luk Baa said... 26 April 2012 at 19:58

ayuk mbak rie, ditunggu di lapangan sebelah rumah yaa :D

Niar Ci Luk Baa said... 26 April 2012 at 20:05

ayuk mbakyu main coklak :D

Niar Ci Luk Baa said... 26 April 2012 at 20:13

yeek mas ardi pakek ingusan segala paling di lap di baju yaa...yeekk :p

Niar Ci Luk Baa said... 26 April 2012 at 20:21

main sama niar yuk mbak tiesa :D

Niar Ci Luk Baa said... 26 April 2012 at 20:26

hussttt......jangan kenceng2 :p

cii yuniaty said... 26 April 2012 at 20:28

asik'e main layang2....asal ga serampangan ke jalan..bisa2 kena aspal..hehehe :D

Niar Ci Luk Baa said... 26 April 2012 at 20:43

main shierly yoo mbak una :p

Niar Ci Luk Baa said... 26 April 2012 at 20:57

ndak susah kok, masih bnyak layang2an yang langsung jadi tinggal di mainkan, cuma lapangannya itu yang susah :D

setiaonebudhi said... 26 April 2012 at 21:20

uwooooowww,
Dulu waktu kecil one paling jago ngejar layangan yg putus..
Tapi kalo maininnya one kurang jago..
Hahahahaha

Arif Khumaidi said... 26 April 2012 at 21:20

wah.. mengingatkanku ke jaman petualangan ini,,,
"ngerobek layangan", istilah dikampung untuk berlomba-lomba mendapat layangan yang putus haha.... bahkan ada yang sempat adu pukul juga =.=" hadehh...

Masatours Anwarsejati said... 26 April 2012 at 22:37

Paling asyik mainan layang-layang. Apalagi disaat berebutan layang-layang putus. He...x9

Sukses
Salam Wisata.

Niar Ci Luk Baa said... 26 April 2012 at 23:08

hahahah ati ati jatuh lho diatas genting :D

Niar Ci Luk Baa said... 26 April 2012 at 23:18

lha kalau ke pendekan yaa beli ajah wes dhe, sekarang kan banyak layang2 instan :D

shaleholic said... 27 April 2012 at 01:04

Dulu saya main layang2 ga sperti itu layang2nya. Dulu suka bikin layang2 sama teman2 panjangnya paling sdikit 2 meter dan talinya biasanya yg buat jemuran. Wktu mau naikin layang2nya aja mesti 2 orang megangin biar kita ga ikut ketarik dan kalau udah naik maka akan dibiarkan saja ga diapa2in, layang2 itu berbunyi di atas :). Klo di Kalimantan namanya 'Kalayangan Dandang'

Mama Olive said... 27 April 2012 at 01:35

aku 3 bersaudara perempuan semua, tapi ade yang tengah tomboy abis..
sukanya maen layangan, jadi aku ngikutin deh hahhaa..
emang seneng tuh..

Bung Penho said... 27 April 2012 at 03:01

hahaha... mantap dah, layang2 jadi inspirasi!
Layang2 emang permainan yang menyenangkan ketika masih kecil. seperti cerita gue di 48 mata luka kemarin ya akibat dari layang2 ini hehehe!

Jurnal Transformasi said... 27 April 2012 at 15:42

Dulu saya kebagian megang gumpalan benang saat main layang-layang. Pernah di kasih megang tapi tiba-tiba layang2nya nyuruduk ke bawah dan saya biarin aja. Sejak itu gak pernah punya kesempatan lagi megangin layang-layang hehehe..

Niar Ci Luk Baa said... 27 April 2012 at 16:28

hehehehe...............main layang2 sendiri ajah om, kan kalau main sendiri lebih asyik ketimbang megangin benang orang :D

NF said... 27 April 2012 at 17:39

saya tahu lagu itu, btw pertanyaannya lagu itu siapa yang ngarang ya :P

Niar Ci Luk Baa said... 30 April 2012 at 17:24

hehehe iyaa abi beda jaman beda permainan. :)

murah bener layang2 500perak

Niar Ci Luk Baa said... 30 April 2012 at 17:35

hehehee ndak tau mbak :D

rumputilalang said... 1 May 2012 at 20:40

lama banget gak main layang-layang

muhamadromdoni said... 9 May 2012 at 02:11

Emang asih.. :)
jadi kangen masa kecil.. :)

Irham Sya'roni said... 10 May 2012 at 23:08

Masa kecil dulu memang asyik... Ada banyak ragam mainan tradisional. Tapi, sekarang pd kemana semua ya mainan2 tradisional itu. eman2 kan...

Obat Kanker Paru Paru Tradisional said... 24 May 2012 at 17:00

mainan kecil dulu aku adalah layangan dan sampai sekarang pun aku masih main layanglayangan...hehhe......

nuel said... 8 October 2012 at 17:19

wah judulnya tuh mestinya cara membuat layang2... :P

 
Top