#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bermain Kata Kunci Bintang 14 Hari blibli Blog competition Bloger di Masa Depan Blogging Budaya Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hari Bloger Nasional Hari Blogger Nasional Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Kangen Band Karya Kata Depan di ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Peduli Kata Kunci Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan Reportase Resensi Buku Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif Teknologi Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling tulisan pilihan Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger

http://tfpmi.wordpress.com
Pernah dengar kata Haiku ? Kalau belum kenal, yuk kenalan dulu. Haiku adalah sejenis puisi dari jepang. Haiku telah ada sejak dulu, merupakan seni sastra asli dari Jepang. Secara umum banyak yang menganggap Haiku adalah puisi pendek ala Jepang dengan susunan kata yang tertata dalam tiga baris.


Haiku terdiri atas tiga unsur penting yaitu :
  1. Terdiri dari 17 Mora (sering disalah artikan dengan suku kata) yang tersusun dengan pola 5,7,5;
  2. Mengandung Kigo atau kata yang menggambarkan pada musim (bisa juga suasana);
  3. Mengandung Kireji (kata pemutus);
Kayaknya susah dimengerti kalau dengan teori, mari kita lihat contoh Haiku karya penyair terkenal Jepang, Matsuo Basho
Furu Ike Ya
Kawazu Tobikomu
Mizu no Oto
Lalu dimana letak 3 unsur penting tadi ?
Fu ru i ke ya --> 5 mora
Ka wa zu to bi ko mu --> 7 mora
Mi zu no oto --> 5 mora
Furu = Tua
Ike = Telaga
Ya = Kata pemutus / Kireji
Kawazu = Kodok
Tobikomu = Meloncat Kedalam
Mizu = Air
Oto = Suara
Jadi ketiga unsur penting tadi terdapat dalam haiku ini, yaitu 17 mora, Kigo (suasana), dan Kireji (kata pemutus).
Kalau diterjemahkan ke Bahasa Indonesia menjadi
Telaga tua
Seekor katak melompat
Suara Keciprak Air
Jadi setelah diterjemahkan ke bahasa Indonesia atau lainnya, ketiga unsur penting tadi menjadi tak nampak lagi kecuali Kigo (suasana). Nah, dengan demikian unsur terpenting dari Haiku ala Indonesia ini adalah terdiri atas tiga baris dan potret atau suasana. Jadi yang dibutuhkan oleh seorang penyair Haiku adalah kemampuan dia membawa orang untuk merasakan suasana, dengan kata yang sangat sedikit.

Contoh Haiku yang sempat saya buat
Langit biru cerah
Mentari sepanas api
Sejuknya minuman kaleng ini

atau bisa juga

Langit cerah
Mentari membara
Es sirup menyegarkan

Yang utama adalah suasana

Tautan
Oke itu sedikit tentang Haiku, semoga menambah pengetahuan kita. Selanjutnya yang komentar tolong menyisipkan Haikunya ya?, selamat berkarya.

ditulis oleh Maulana riska




Label:

Post a Comment

  1. baru tahu haiku di sini...kalau rule'nya begitu, trs alikasinya dalam bahasa Jepang, nyerah deh...#cemen

    ReplyDelete
  2. gue fikir tadi ada huruf yang ketinggalan ditulis "Hariku" jadi "Haiku". ehh ternyata emang tulisannya haiku..!
    wahh, gue doyan puisi kedua yg ada Es syrup menyegarkan!

    ReplyDelete
  3. Aku baru tahu aturan Haiku begitu... :D
    Btw, tampilan blog WB jadi keren :-bd

    ReplyDelete
  4. ^sebelumnya idem dengan komen diatas, kukira salah eja "haiku"
    ^wah nice info, mayan nambah pengetahuan tentang syair jepang :D
    this is my haiku
    Nun jauh disana
    Masa depan pun terlihat
    Pandang terus kedepan dan melangkah
    >.< bener g y :p

    ReplyDelete
  5. aku kira "mengenal hatiku"
    haha

    ReplyDelete
  6. ohh bacanya "Haiku" yah, tadinya aku pikir bacanya "Hai(sapaan)-ku" hihihihi

    ReplyDelete
  7. Ga seribet aturan lagu macapat :D

    ReplyDelete
  8. he..he.. kirain tadi kelupaan nulis huruf 't', ternyata sejenis puisi.
    Makasih banyak atas tambahan wawasannya.

    ReplyDelete
  9. hihii...gak bicaa bikin Haiku :D baru denger soalnye ^_^

    ReplyDelete
  10. ayo.. mana nih Haiku punya masing-masing ?

    Langit bata merah
    Mentari mulai bersembunyi
    Adzan berkumandang

    ReplyDelete
  11. Sejuknya udara, dingin
    Langit gelap semakin terang
    kicauan burung pipit nan merdu

    bener gak mas, hihihi

    ReplyDelete
  12. Kalau aku mikirnya malah hatiku ,kurang huruf 't' :) ternyata bukan salah ketik ya.

    ReplyDelete
  13. Haiku ku:
    siang yang terik
    anak ayam mematuk kulit kacang
    orang gila memaki pagar

    ReplyDelete
  14. Haiku ku:
    siang yang terik
    anak ayam mematuk kulit kacang
    orang gila memaki pagar

    ReplyDelete
  15. Senja melamun
    di tepi pantai rindu
    Senyum rembulan

    ReplyDelete
  16. Untuk tidak mencederai keaslian haiku, walau dalam bahasa non-Jepang, sebaiknya penulis haiku tetap berpegang pada aturan atau syarat yang 3 tadi: pola 3 baris 5-7-5, kigo (waktu/musim), dan kireji yang untuk sebagian besar dikatakan lompatan suasana.

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.