Sumber gambar: www.kentrunk.com


Pernahkah anda sekalian mendengar tentang usaha penyewaan sepeda? Pertanyaan iseng ini muncul saat saya melihat semakin banyak masyarakat yang memilih menggunakan kendaraan bermotor untuk sarana transportasi jarak dekat sehari-hari. Seperti pergi ke pasar, jalan-jalan disekitar rumah.

Sedangkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) semakin lama semakin mahal. Oleh karena itu dirasa perlu adanya alat transportasi alternatif yang murah dan dapat membuat gaya hidup menjadi lebih sehat dan lebih hemat. Nah untuk itu adanya transportasi alternatif yang hemat biaya dan ramah lingkungan saya anggap menjadi perlu.

Kalau kita lihat di sisi lain, ada pula beberapa orang yang memilih tidak menggunakan alat transportasi seperti kendaraan bermotor atau tidak bermotor ketika beraktifitas di lingkungan sekitar dalam jarak yang tidak jauh dengan berjalan kaki. Hal ini memang sesuai dengan gaya hidup sehat. Namun akan membutuhkan tenaga dan waktu yang lebih banyak jika dibandingkan dengan menggunakan alat transportasi seperti kendaraan bermotor.

Sedikit cerita, saya memiliki seorang teman (sebut saja Mamat) mahasiswa yang setiap harinya selalu jalan kaki saat berangkat ke kampusnya, begitu pun saat pulang. Dalam obrolan singkat, saya bertanya kepada dia mengapa ia selalu jalan kaki padahal dia memiliki sepeda motor. Dan dia pun menjawab dengan senyum sederhana, “ya kalau jalan kaki kan itung-itung olahraga”. Namun saya kurang puas dengan jawabannya, kemudian setelah agak lama ngobrol, saya pun mendengar  dia berkata “terus, kalau semua orang semakin banyak yang makek sepeda motor, berarti angka pencemaran lingkungan semakin tinggi kan?”. Dengan pertanyaan yang tak perlu dijawab tersebut saya hanya berharap semoga masih banyak orang-orang seperti mamat.

Nah, sudahkah anda bersikap bijak dalam memilih alat transportasi pribadi? Atau anda memiliki ide mengenai transportasi alternatif yang hemat dan ramah lingkungan?

30 comments:

EYSurbakti said... 10 April 2012 at 01:29

waha ,, gue selalu memegang sistem 10.000 langkah per hari ..
kalo bisa jalan ya jalan .. hehe
salam kenal mbak :D

ari said... 10 April 2012 at 02:38

hehe.. aku gak pernah olahraga nih :(

Arif Khumaidi said... 10 April 2012 at 02:53

^ane juga biasanya jalan kaki... huft.. dari kos ke kampus.
emang sih prefer jalan daripada naik motor, tapi liat sikon juga :D, klo waktu terik mungkin cari tumpangan ke temen

Tebak Ini Siapa said... 10 April 2012 at 03:11

Aku dari stasiun ke fakultas sebisa mungkin jalan kaki...
:D

Ririe Khayan said... 10 April 2012 at 03:39

waktu kuliah dulu, saya jalan kaki dari kost ke kampus...tp kadang 'nodong' teman yg bawa motor sih...maklum jarak kost dengan kampus sekitar 500 meter kalau PP lumayan juga. Belum di hitung kalau ada perlu ke rektorat, ke perpust, ke mesjid...#kumat alay

Mas Huda said... 10 April 2012 at 03:51

kalau saya jalan kaki setiap hari ke kampus gara-gara g punya motor... ha ha

Mama Olive said... 10 April 2012 at 05:12

Selama ada motor, pasti ngojek terus..
Soalnya dari SD ampe SMP aku jalan kaki terus ke sekolah..
Makanya saatnya memanjakan kaki..hhe..

Bung Penho said... 10 April 2012 at 08:44

solusi lain naik ONTEL aza hehhehe...

Madhek Blog said... 10 April 2012 at 15:01

Alhamdulillah setiap berangkat ke kantor saya selalu naik sepeda ontel, ... karena selain hemat tidak butuh BBM insyaALLAH tubuh jd sehat, dan sebelumnya stlh solat subuh sy selalu berjalan sejauh 3.2km, untuk memenuhi 10.000 langkah setiap hari, ... salam kenal.

Tiesa said... 10 April 2012 at 15:18

saya ngga mungkin menempuh jarak 30km sejalan dengan naik sepeda, jadi ya mau ngga mau naik kendaraan, ngompreng samasama teman paling ngga mengurangi jumlah kendaraan yang beredar di jalanan

Niar Ci Luk Baa said... 10 April 2012 at 15:27

Olahraga nya naik turun tangga ajah deh di kantor, kalau di luar mau ngontel di Cuaca surabaya yang puanas binti sumer aah ndak wes yaa :D

idahceris said... 10 April 2012 at 17:35

apakah kampus mamat dekat dengan kos?
mamat punya sepeda motor gak? ;)

andaisaja kampusku dekat dengan tempat tingalku, mungkin saya juga memilih untuk jalan kaki atau gowes wes ewes dengan sepeda. . .karena kalau pakai sepeda itu lebih asiik dan romantis, kalau jalan kaki membuat betis semakin kuat dan lankah kita semakin mantap. :D

Sinna Saidah Az-Zahra said... 10 April 2012 at 17:51

gue jalan kaki bukan karena gue gak punya motor tapi karena tidak bisa naik motor, tapi gue kagum dengan orang jepang yang memilih memakai sepeda ontel ke kantor dari pada memakai mobil atau sepeda motor pribadi. . . . .

Sinna Saidah Az-Zahra said... 10 April 2012 at 17:56

mbak???? twing,twing,twing, *****

dian novita said... 10 April 2012 at 18:41

setuju dengan sistim masyarakat jepang yang peduli sama lingkungan. kalau seperti kita yang kmana-kmana pakai kendaraan bermotor makin banyak polusi kita sendiri yang ngeluh nantinya ..

i luv u said... 10 April 2012 at 18:53

mw ny jalan kmna2 ya jalan kaki,,
tpi yah bgimna???
indonesia panassss..
heheee

MAMPIR ke blog qu yah...^_^
slamet mnikmati

Mitos said... 10 April 2012 at 19:10

Hmmm tergantung tempat ya kalau di jakarta kita jalan kaki di keramaian justru kita bisa kena asap polusi dari kendaraan tuh... :( sulit loh memilih transportasi di jkt. naik motor rawan. naik angkot rawan. jalan kaki pun rawan... :( lebih aman di rumah saja lah

Lidya - Mama Cal-Vin said... 10 April 2012 at 21:01

kalau ke pasarnya dekat jalan kaki bisa,tapi kalau jauh naik motor,soalnya gak punya sepeda :)

Anamku said... 10 April 2012 at 21:50

aku pengen tampilan highlight nya, bisa kasih html g?
tengqyu

Kholid Rafsanjani said... 10 April 2012 at 23:04

@EYSurbakti : oh jalan kaki itu ya??,,, Wah saya bukan mbak.. (tuweweweng....)

@ari : olahraga dong,, biar tambah sehat :D

@Arif Khumaidi : ya apalagi kalau hari sedang hujan :D

@Tebak Ini Siapa : ya kalau deket,, kalau jauh ya jangan coba2,,, hehehe

@Ririe Khayan : ya deh mbak,, kan makanya harus lebih cerdas dalam memilih dan memilah (hehehe emang sampah ya dipilih sama dipilah?

@Mas Huda : kan lebih sehat....

@Mama Olive : heheh kaki kok dimanjain ma,, :D

@Bung Penho : yeeah,, like it..

@Madhek Blog : ya kalau saya masih belum bisa tuh karena gak ngitungin,, hehe

@Tiesa : sekali2 donk jalan kaki,, hehehe

@Niar Ci Luk Baa : tapi kalau ada lift kan lebih enak naik lift biasanya :D

@idahceris : whwhwhw ya kira2 ada 100 meter lebih dikit lah,, dan mamat punya sepeda motor tapi gak pernah dipakek ke kampus karena lebih suka jalan kaki mbak,,

@Sinna Saidah Az-Zahra : yup orang jepang memang hebat, tp indonesia juga gak kalah hebat kok,,, (heheh saya dipanggil mbak deh)


@dian novita : ya kayak kata mbak niar tadi, surabaya semakin panas,, hehehe

@i luv u : ya karena pencemaran udara semakin banyak... heheh coba mampir ke blog nya masbro deh,,, ;)

@Mitos : teman saya juga bilang gitu, dia sering jalan kaki, tapi malah ditabrak motor dari belakang,, sejak itu dia enggan jalan kaki deh,, heheh

@Lidya - Mama Cal-Vin : hehe beli donk ma... :D

@Anamku : tmpilan highligths gmana ya om? coba tanya ke om admin aja dehgh,,, :D

WaroengBlogger said... 11 April 2012 at 01:16

sekarang sudah ada tombol replynya :D nggak usah kepanjangen...

Citro Mduro said... 11 April 2012 at 02:13

Waktu smp jarak 3km saya goes tiap hari, bahkan kadang sehari 2x, masa sma pakai kendaraan umum, maklum jarak tempuh 20km, kalau ke kampus, eh malu dech kalau bilang tak kuliah

riez said... 11 April 2012 at 02:49

Semoga kendaraan tenaga listrik bisa segera terwujud

Mahabbah said... 11 April 2012 at 21:36

menggunakan transportasi sesuai dengan kebutuhan saja ya....
bila bisa dengan motor, mengapa harus pake mobil?
bila bisa dengan sepeda, mengapa harus pake motor?

Abi Sabila said... 13 April 2012 at 02:55

jadi inget sepeda yang sudah 4 tahun dianggurin.

Transportasi said... 26 April 2012 at 06:32

Setuju banget sepeda bisa dijadikan alat transportasi alternatif, apalagi sekarang ada pembatasan penggunaan premium cuma boleh utk dibawah 1500 cc

annur said... 22 February 2013 at 18:15

salam kenal moga bisa ikutan gabung.

Wah, jujur yah klo baca artikel waktu itu kapan yah? ttg kondisi Indonesia yang tropis karena panas. Justru kebanyakan orang lebih memilih tidak berjalan karena tak sanggup berjalan sebentar. Begitu jga dengan sepeda pasti bisa satu liter keringatnya.
Berbeda dengan iklim LN yg memang memngkin dijangkau sepeda bahkan nyaman bgd. jujur saya juga suka bersepeda hhee.. malah hampir tiap hari. cuma kadang saya lebih memilih naek sepeda ketimbang jalan kaki.
karena itu tadi iklimnya. kemudian saya ga bisa jalan lambat. jadi kalo jalan malah butuh energi yg banyak ngos-ngosan jalannya jalan cepat hehe..
keong aja kalah :P

Saya dukunglah. mudhan yah dibangun jalur sepeda. dan terdapat pohon2 di sisi ruas jalannya (ngebayangin bersepeda jauh di taman) hhihi...

Arum Wulandari said... 30 April 2013 at 14:59

Saya juga suka jalan kaki, mbak, atau naik sepeda.. nggak naik motor karena memang belum punya motor, apalagi mobil.. hehehee
Kalo ke mana2, di jakarta sudah bayak angkot dan busway, jadi naik angkutan massal aja.. atau kalau mau cepat, ya biasanya nebeng motor kawan aja.. heheheh

Salam kenal Mba ^^

 
Top