Seorang ibu punya dua anak cewek yang satu sudah SMA dan satu masih SD. Setting nya lagi di ruangan belajar ada mbak, adek dan ibu yang membantu mereka belajar di dalam satu ruangan.



Adek : “Mbak, penggaris nya mana?” agak bentak minta ke mbak nya.

Ibu : “Adek, kalau mau minta sesuatu harus bilang ‘Minta Tolong’ di inget lho yaa dek” menjelaskan dengan penuh kesabaran.

Adek : “Ooohhh.... gitu yaa Buk, harus minta tolong dulu yaa” muka sambil manyun.

Ibu : “Coba ulangi tadi minta ke mbak gimana?" dengan sabar Ibu memberi tahu adek.

Adek : “Mbak, minta tolong ambil kan penggaris merah koodok yang di sebelah nya mbak yaa” dengan wajah penuh senyum.

Mbak : “Iyaa adek ku sayang, gitu dong bicara nya kan bagus” sambil memberikan penggaris ke adek.

Ibu : “Adek hebat sudah bisa bicara yang benar, kalau sudah pakai penggaris nya dikembalikan yaa Dek dan harus bilang ‘Terima Kasih’ lho yaa Dek” penuh kesabaran bilang keanak nya.

Adek : “Kenapa seh Buk harus bilang ‘minta tolong‘ dan ‘terima kasih’? “ wajah penuh pertanyaan.

Ibu : “Adek cantik kalau bicara sama orang dengan benar dan sopan kan enak didengar nya, kalau bicara nya jeleg bagus tidak Dek?”

Adek : “Ndak bagus Buk, oohh... jadi harus bicara yang sopan dan benar yaa buk, yaa udah deh adek mau coba. Mbak ku yang cantik terima kasih yaa penggaris nya udah dipinjemin ke adek” sambil muka senyum genit.

Mbak : “hehehehe...adek ku genit deh, iyaa sayang sama-sama adek ku yang centil” wajah gemes sambil nyubit pipi adeknya.

***
Dari cuplikan cerita diatas itu hanya untuk mengingatkan saja, sudah berterima kasih kah saat di beri sesuatu oleh siapa pun? Atau sudah kah berucap minta tolong saat meminta bantuan seseorang?

Bedeway untuk Niar sendiri mau bilang “terima kasih banyak buat admin webe  sudah di undang menjadi kontributor di Warung Blogger, blogger baru yang lagi belajar untuk menulis sesuatu yang bermanfaat, semuga berkenan buat yang siapapun” :D

NB :  Seorang anak lebih baik di beri tahu sejak dini tentang kebaikan supaya menjadi anak yang baik saat sudah beranjak dewasa. Cemuunngguutt  :D

Sumber gbr: rizalbkurniawan.blogspot.com

Dituliskan oleh : Niar Ningrum

52 comments:

Tebak Ini Siapa said... 8 March 2012 at 15:30

He he he yang penting kalau minta tolong sopan yah :D

Fajar Kurniawan Januar Efendi said... 8 March 2012 at 15:31

Terima kasih pelajarannya mbak Niar :)
ini bukan hanya untuk anak2 tapi orang dewasa juga perlu, khususnya para pemimpin kita :D

salam..

ke2nai said... 8 March 2012 at 15:46

Ada lirik lagunya Barney & friends.. "Please & thank you it's a magic word"

Corat - Coret [Ria Nugroho] said... 8 March 2012 at 15:49

setuju sama Niar budaya minta tolong dan terima kasih memang harus dibudayakan agar selalu tersebar energi positif :P

Naya Elbetawi said... 8 March 2012 at 15:52

Makasiih mba Niar yang cantik udah ngajarin de'Nay :D

Mami Zidane said... 8 March 2012 at 15:55

2 kalimat ajaib..."minta tolong" dan "terimakasih".....
terimakasih niar sudah mengingatkan....

Ririe Khayan said... 8 March 2012 at 16:39

InsyaAllah tdk hanya karena minta tolong saya perlu mengucapkan terima kasih, setiap kali habis membeli sesuatu saya jg membiasakan utk mengucapkan terima kasih. Kalau bisa saat memberi sesuatu pun saya bisa mengucapkan terima kasih (karena sdh berkenan menerima pemberian saya)..

dmilano said... 8 March 2012 at 16:39

Saleum,
Ternyata Niar toh...?? pa kabar ponakan?
memang harus demikian mengucapkan terimakasih dan minto tolong tersebut harus dimulai dari kecil agar terbiasa ketika sudah remaja. setidaknya dengan demikian kita telah membuat orang lain tidak merasa diperintah oleh kita.

Tiesa said... 8 March 2012 at 16:45

terkadang yang udah dididik mengucap tolong dan terima kasih dari kecil pun, luntur seiring waktu Niar, main suruhsuruh aja dan lupa mengucap terima kasih :)
tulisan yang bagus Niar, jadi pengingat semuanya untuk tidak menyepelekan ucapan "tolong" dan "terima kasih" :)

Anamku said... 8 March 2012 at 16:46

posting bagus
sedari dini memang anak2 dibiasakan bertutur santun, dan itu akan melekat. hanya lingkungan yg buruk bisamerusak semunanya.
sepertinya pas dengan topik tulisan ini.
http://edukasi.kompasiana.com/2012/03/07/makin-banyak-bicara-makin-tidak-didengar/

salam hormat

uci cigrey said... 8 March 2012 at 17:26

setuju aku :)
kebaikan harus ditanam selagi kecil :D supaya ngga ngukir di batu nanti. makasih yah wb :D

choirul huda said... 8 March 2012 at 17:29

wah bener banget tuh, semoga kita semua bisa membiasakan diri dan mendidik untuk berperilaku yang sopan dan berkata santun

Niar Sri Sadono Ningrum said... 8 March 2012 at 17:36

siep mbak una, minta tolong dung mbak una kirim si shaun ke rumah niar :D sopan kan mbak... *nyengir :D

Niar Sri Sadono Ningrum said... 8 March 2012 at 18:06

sama2 om fajar.... :D

hehehe..iyaa juga yaa yang penting bisa sopan deh om :D

Niar Sri Sadono Ningrum said... 8 March 2012 at 18:08

wuiihh nyari lagu nya aahh :D judul nya apaan bunda keke :D

Niar Sri Sadono Ningrum said... 8 March 2012 at 18:09

makasih mbak ria, menebarkan kebaikan akan menghasilkan kebaikan pula mbak :D

Niar Sri Sadono Ningrum said... 8 March 2012 at 18:11

sama2 tante naya 'beloo' yang cuantik :D

Niar Sri Sadono Ningrum said... 8 March 2012 at 18:13

sama2 mami zidane, terima kasih juga sudah membaca menyempatkan waktu nya:D

Niar Sri Sadono Ningrum said... 8 March 2012 at 18:14

wah bagus ituh mbak rie, harus membiasakan diri berkata sopan yaa mbak :D

Niar Sri Sadono Ningrum said... 8 March 2012 at 19:10

waalaikumsalam om dee :D

iyaa om, niar di sini :) *tink... alhamdulillah baik om, om deee sehat? :D

iyaa om supaya terbiasa berbicara sopan :D

Niar Sri Sadono Ningrum said... 8 March 2012 at 19:15

heheheh..iyaa mbak tiesa tergantung lingkungan na juga, semuga dengan memberikan kata2 baik dari kecil terbawa sampai besar :D

sama2 mbak tiesa,,,,,, makasih sudah teringat kah :D

Niar Sri Sadono Ningrum said... 8 March 2012 at 19:20

makasih om anam.. :D

iyaa lingkungan bisa mempengaruhi, semuga tetep bisa jadi orang yang baik dan benar :D

terima kasih link nya,meluncur omm.... :D

Niar Sri Sadono Ningrum said... 8 March 2012 at 19:27

makasih mbak uci udah setuju :D

sama2 mbak uci, makasih juga udah mampir Webe :D

Niar Sri Sadono Ningrum said... 8 March 2012 at 19:40

iyaa mas huda :D siep berperilaku sopan dan santu :D

tunsa said... 8 March 2012 at 20:32

#ting
tiba2 disamping niar... ternyata aku bisa ngillang dulu :D

Pakde Cholik said... 8 March 2012 at 22:05

Barangsiapa yang tidak bisa berterima kasih kepada manusia, juga tidak bisa berterima kasih kepada Tuhan.
salam

Niar Sri Sadono Ningrum said... 8 March 2012 at 22:21

lhe habis ilang dari mana om ari :D

kyok jin ae tiba2 mecungul :D :p

Niar Sri Sadono Ningrum said... 8 March 2012 at 23:05

iyaa dhe harus saling berterimakasih yaa dhe :D

Salam manies dari Sidoarjo :D

Catatan_Su said... 8 March 2012 at 23:05

bagus sekali...
tolong..lalu terimakasih..
terimakasih sudah di tolong..
kunjungan perdana dsini..

Niar Sri Sadono Ningrum said... 8 March 2012 at 23:25

terima kasih :D

hehehe...seperti begitu :D

Stupid monkey said... 8 March 2012 at 23:44

nah .. kalo sopan sopian, eh sopan dan santun kan enak, ya gak .. ;^^

puteriamirillis said... 8 March 2012 at 23:51

ini simple tapi sering terlupakan ya dear...

gps jawa timur said... 9 March 2012 at 09:01

nice post...
kata terima kasih & kata tolong kadang sering diucapkan pada orang lain tetapi sering lupa terucap pada keluarga bahkan sebagian berkata 'halahh dah biasa'. hemmmm

cii' yuniaty said... 9 March 2012 at 13:06

baguuuus....
4 kata penting yg perlu d tanamkan pada diri anak...

terima kasih,tolong,maaf dan permisi......^_^
slm kenal bwt Niar

Niar Sri Sadono Ningrum said... 9 March 2012 at 16:59

husstt udah dah meninggal lho om monkey :p

iyaa dung enak sekali :D

Niar Sri Sadono Ningrum said... 9 March 2012 at 17:04

iyaa mbak puteri.. maksih lho udah mampir :D

Niar Sri Sadono Ningrum said... 9 March 2012 at 17:07

tengkyu hunny :D

iyaa yaa kangmas, minta tolong yaa kangmas buat jaga selalu hati muh.. :p *lho...

hahahahah..........

Niar Sri Sadono Ningrum said... 9 March 2012 at 17:13

terima kasih mbak yuniaty :D

hehehehe....kurang yaa kata2 niar, maaf dan permisi, makasih lho yaa mbak info tambahan nya :D

Salam kenal manies dari Sidoarjo :D

cii' yuniaty said... 9 March 2012 at 18:41

sama2......
sy dapetin 4 kata tadi dr ex.wali murid yg slalu menanamkan itu kpd anaknya....
karena agak sulit menyuruh anak unt bilang trm kasih n tolong.
selain itu terkadang unt minta maav pd temannya jg susah sekali... =)

Niar Sri Sadono Ningrum said... 9 March 2012 at 18:59

iyaa ituh 4 kata2 ajaib yang mudah di ucapkan tapi sulit di kerjakan :D

the others said... 10 March 2012 at 02:05

setuju banget, memang sebaiknya sejak dini anak diajarin utk bilang Minta Tolong dan Terimakasih. Walaupun sebenarnya mudah mengatakannya tapi ternyata tak semua orang bisa dengan mudah melakukannya ya?
Thanks for sharing

Evi said... 11 March 2012 at 02:42

Mengucapkan minta tolong dan terima kasih, kalau diajarkan sedari kecil lebih terekam dalam karakter dan semoga akan terbawa terus sampai dewasa :)

Indra Kusuma said... 11 March 2012 at 05:44

Sedini mungkin hal itu harus dibiasakan dalam kehidupan anak-anak, agar terbiasa dalam kehidupannya kelak.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

Niar Sri Sadono Ningrum said... 12 March 2012 at 15:34

iyaa semua butuh proses untuk bisa melakukan na :D

Niar Sri Sadono Ningrum said... 12 March 2012 at 15:53

amien bu evi semuga terekam yang baik2 nya yaa :D

Niar Sri Sadono Ningrum said... 12 March 2012 at 15:58

iyaa om indra di biasakan berbuat baik :D

Lidya - Mama Pascal said... 13 March 2012 at 21:36

terima kasih sudah diingatkan Niar :)

Djawa said... 24 March 2012 at 15:19

wah banyak blognya euy., :D aku jd bingung mo kmn :D

Gandi said... 11 April 2012 at 01:21

Niar, sebuah nilai sederhana yang penting untuk selalu diingat dan diterapkan....
Namaste, _/|\_

prajuritkecil99 ™ said... 16 March 2015 at 21:30

nice share :)

saya pun sedang dan selalu mengajarkan kepada kedua putri saya agar selalu mengucap kata
"MAAF" jika mereka memang bersalah
"TOLONG" jika ingin meminta bantuan atau pertolongan
"TERIMA KASIH' jika orang lain berkenan memaafkan dan memberikan bantuan atau pertolongan

salam :)

Oyong Ilham said... 8 April 2016 at 14:53

jgn lupa ucapkan trima kasih apabila mndpatkan pertolongan

 
Top