Tangan kanan memberi, tangan kiri tidak usah tahu.

Gambar di ambil di sini

Ada seorang bapak berlimbah harta, memberikan sebagian duit nya di sebuah masjid yang sedang renovasi.
Bapak Kaya : "Pak takmir, ini ada sedikit duit untuk di membantu pembangunan masjid pak sebesar Rp 50.000.000,-" senyum lebar bisa berbagi kebahagiaan pada yang membutuhkan.

Pak Takmir : "Alhamdulillah, terima kasih banyak yaa pak. Atas nama siapa ini pak sumbangannya?" muka bersyukur.

Bapak Kaya : “Tak usah diberi nama pak, saya tidak mau semua orang tau” sambil senyum bangga.

Setelah bapak kaya itu memberi, dia tidak bersikap sombong sama sekali diniatin dengan ikhlas. Sampai suatu ketika di masjid di umumkan sumber dana untuk membantu pembangunan masjid tersebut saat sholat jumat.

Pak Takmir : “Telah ada orang yang berhati mulia memberikan sumbangan sebesar Rp 50.000.000,-“

Si bapak kaya yang mendengarkan sumbangan nya di sebut dengan istilah ‘orang berhati mulia’ diri nya sangat bangga. Ada orang duduk si sebelah bapak kaya nyeletuk.

Orang sebelah : “Wah orang nya kaya sekali yaa, siapa yaa orang berhati mulia itu?” sambil wajah bengong.

Bapak Kaya : “Itu dari ane” sambil nunjuk2 diri nya dengan bangga.

Orang Sebelah : “Ooohh.....bapak toh, mulia sekali” sambil nyengir ndak percaya.

Orang beramal kepada siapapun, berapapun jumlah nya tidak usah ditunjukan kepada siapa saja. Awal niat nya baik untuk beramal tapi dengan memberi tahukan amal baik nya hanya ingin di puji orang lain kan itu nama nya riya’. Tidak bagus perbuatan yang seperti itu.

Seharus nya kan memberi tak harapkan imbalan dan pujian dari siapapun.

Salam Manies dari Sidoarjo :) 

 * gambar di ambil di http://lintasankatahati.blogspot.com/ :)

43 comments:

jiah al jafara said... 20 March 2012 at 15:22

hooo~
sayang yah, padahal awalnya udah bagus
endingnya malah somse gitu

nicamperenique said... 20 March 2012 at 15:28

sebaiknya memang begitu :)

Naya Elbetawi said... 20 March 2012 at 15:33

cukuplah ALLAH yang mengetahui semua ibadah kita :)

Dadan Darmawan said... 20 March 2012 at 15:49

Kalau dalam Al-Quran itu akan membatalkan shodaqohnya

Ririe Khayan said... 20 March 2012 at 16:47

Lha kalau tangan kanannya sakit...yg harus ngasihkan ganti tangan kiri dunk...hehehehe..#becanda

Elsa said... 20 March 2012 at 17:25

hehehehee.....
mulia sejali hati si bapak itu yaaaa

Baby Dija said... 20 March 2012 at 17:26

Kalo Dija shodaqoh, Dija mau kasih tau orang orang...
biar orang orang termotivasi
masa anak kecil aja bisa shodaqoh, yang dewasa kok belom kepikiran shodaqoh

gitu....


hihihihihihiiiiii

Mas Huda said... 20 March 2012 at 17:47

semoga saya bisa beramal dan merahasiakannya... aamiin

Niar Ningrum said... 20 March 2012 at 18:39

Lha itu lain cerita dek dija, kan beramal tidak ingin di puji orang lain, tapi dingin orang lain bisa mengikuti perbuatan baik :D

Niar Ningrum said... 20 March 2012 at 18:40

ehehehee.... iyaaa mbak jiah eman toh gtu ituh :(

bedeway somse tuh apaan yaa ?? :D

Niar Ningrum said... 20 March 2012 at 18:42

iyaa mbak nay seperti itu seharus nya :D

n said... 20 March 2012 at 18:43

iyaa ituh om dadan :D

Niar Ningrum said... 20 March 2012 at 18:44

hahhahaa.....pinjem tangan orang lain yang bsa dipercaya mbak rie pake tangan kanan kan lebih baik :D

Niar Ningrum said... 20 March 2012 at 18:45

iyaa mbak elsa mulia sekali :D

Niar Ningrum said... 20 March 2012 at 18:46

iyaa mas huda amien :D

Evi said... 20 March 2012 at 18:51

Yah awalnya sudah bagus, akhirnya pahala dipetik lagi..Sayang yah..:)

Niar Sri Sadono Ningrum said... 20 March 2012 at 19:27

iyaa bunda evi eman belakang nya :(

Asop said... 20 March 2012 at 20:09

Bapak sombong itu minta dihajar... :D

downtoearth-reachthesky said... 20 March 2012 at 21:48

Kalau memberi sekarung beras...gabisa pake tangan kanan doang bang,,,
harus dibantu tangan kiri juga...
waaah jdi ketahuan dong ma tangan kiri...
(modus oon mode on) hihi

Tiesa said... 20 March 2012 at 22:10

lahhh kok endingnya tetep pamer hahahaha

Niar Sri Sadono Ningrum said... 20 March 2012 at 23:01

husstt ndak boleh gtu om asop... menghajar kan perbuatan tak baik hayoo :D

Niar Sri Sadono Ningrum said... 20 March 2012 at 23:05

hahaahahahahaa......ati2 oon terus lho yaa.. :p

Niar Sri Sadono Ningrum said... 20 March 2012 at 23:15

hehehehe...lha itu mbak tiesa, jegleg akhir nya :D

ysalma said... 21 March 2012 at 00:11

sayang sekali ya, awalnya sudah baik,,
tapi tak tahan juga untuk sebuah pujian.

Lidya - Mama Pascal said... 21 March 2012 at 04:41

ternoda ya perbuatan mulianya :)

R10 said... 21 March 2012 at 16:16

masih kurang pengalaman, lain kali dia harus belajar menahan diri untuk tidak pamer perbuatan baiknya

Niar Sri Sadono Ningrum said... 21 March 2012 at 16:56

iyaa yaa mbak salma :D

Pujian untuk orang ituh kayak nya begitu membuat tergiur :D

Niar Sri Sadono Ningrum said... 21 March 2012 at 16:57

iyaa mas rio, kalau maksud supaya orang lain ikutan berbuat baik kayak dia yaa lain lagi tuh :D

Niar Sri Sadono Ningrum said... 21 March 2012 at 16:58

iyaa mama pascal, sayang sekali yaa :)

Abi Sabila said... 24 March 2012 at 12:54

Begitulah syetan. jika ia tak mampu menghalagi manusia berbuat kebaikan,maka ia akan terus menggoda manusia, salah satunya dengan sifat riya. Dan betapa banyak manusia yang tiada mendapati sesuatu untuk dipanen dari perkebunan amalnya karena terbakar oleh rasa riya dan ujubnya. Astaghfirulloh! Semoga kita tidak termasuk yang demikian.

Tips Menurunkan berat badan said... 25 March 2012 at 12:38

Riya menjadikan amal kita sia-sia.
Salam hangat dari Surabaya

Indra Kusuma said... 29 March 2012 at 11:32

Niat itu merupakan segala sesuatu yang tak terucap, namun dalam pembelajaran untuk memberiakn contoh kebaikan untuk orang lain itu juga tidak boleh diartikan yang negatif, terkadang ini merupakan garis pemisah yang sangat rentan dan tipis sekali. Tinggal kita berpijak dengan prasangka yang baik bagi setiap perilaku yang terlihat dalam kehidupan ini yang dilakukan oleh manusia.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

warning said... 13 April 2012 at 07:47

mat malem...wah ini warung orang2 pinter ya... ihik ikut koment nggih..

wah kalo gt bpk kaya itu ga jadi mulia dong...

Annur EL- Kareem said... 15 April 2012 at 16:07

stuju gak boleh tuh amal bnyak di pamerin. Tapi banyak kok yg begtu kdang dia menghrapkan juga balsan dri manusia berpa pujian atw sebuah penghormatan lebih... hehhehe

Dwi said... 16 April 2012 at 16:43

Mulia sekali, bagi yg punya duit lebih, atau kelebihan duit juga bisa sedekah untuk pembangunan masjid berikut ini lho, ... masjid ini berlokasi di ditempat kelahiran saya tepatnya Kab. Ngawi, bernama Masjid Roudlotulfalah silahkan berkunjung.

Niar Ci Luk Baa said... 16 April 2012 at 18:12

iyaa abi, syetan kan ndak mau liat manusia masuk surga jadi nya yaa gimana syetan membisikan hal2 yang mengikuti jejak ke neraka, astagfirullah :D

Irham Sya'roni said... 16 April 2012 at 21:56

Tidak kusangka, awal yang indah dari si bapak kaya itu ternyata berakhir dengan tidak begitu indah. Wah, sayang sekali ya...

Niar Ci Luk Baa said... 16 April 2012 at 22:33

iyaa pakdhe riya ndak bagus :D

salam manies dari Sidoarjo dhe :D

Niar Ci Luk Baa said... 19 April 2012 at 22:27

hehehe begitu lah kebanyakan orang mas irham :D

Niar Ci Luk Baa said... 19 April 2012 at 22:37

terima kasih yaa mbak dwi :D

Niar Ci Luk Baa said... 19 April 2012 at 23:19

secara tidak langsung hati kecil pasti merasa bangga akan hasil yang diberikan secara orang lain memuji..hehehehe :D

Niar Ci Luk Baa said... 19 April 2012 at 23:46

Semua orang pintar dalam tiap bidang nya masing2 :D

Sebenernya mulia tapi riya akhirannya tetep ingin pujian dari manusia :D

 
Top