gambar diambil dari sini
Sedikit membagi apa yang telah saya baca dari buku pemberian Pakde Cholik yang berjudul Sehat Itu Enak dan Perlu karya dr. Sintoso Pujiarto. Dengan membaca buku ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan kita. Pada buku ini dibahas berbagai macam tentang manusia dan kesehatan tubuh yang dipaparkan secara mudah sehingga kita bisa membaca dengan serius tapi santai.


Pernahkah anda lupa suatu hal-hal kecil? misalnya lupa menaruh suatu benda yang baru saja disimpan atau lainnya. Hal demikian ternyata itu bukan pikun atau amnesia kok. Menurut yang saya baca, para ahli "Melupakan hal-hal kecil adalah tanda bahwa anda sibuk" Disaat kita tidak perhatian akan suatu hal akan mengakibatkan memori yang kita ingat tidak lengkap ini yang akan mengakibatkan kita lupa akan suatu hal-hal kecil.

Agar otak tetap bugar kita perlu melatih otak untuk mengingat. Bisa saja kita menggunakan alat-alat berteknologi saat ini sebagai pengingat tapi disaat alat tersebut tidak ada tentu saja kita tidak bisa berbuat apa-apa bukan.

Saya pernah disaat harus menuliskan draft dipostingan Warung Blogger tapi lupa hingaa waktunya giliran saya menulis, benar sekali ini karena saya sibuk denganberbagai pekeraan yang harus saya kerjakan dirumah. Untuk itu saya akan menuliskan apa yang saya baca dibuku tersebut hal-hal yang dapat membantu ingatan kita tetap bugar dan tidak ada lagi kata lupa, atau setidaknya meminimalkan lupa.

9 Kiat berikut ini bisa kita terapkan untuk mengingat,tapi ada banyak lagi kiat yang ada masing-masing orang mempunyai kiat tersendiri.
  1. Perhatikan dengan baik, jika itu dianggap penting
  2. Ulangi lagi hal yang perlu kita ingat.
  3. Mengasosiasikan nama benda yang biasa dikenal.
  4. Buat catatan kecil misalnya dibelakang kartu nama.
  5. Mengulangi kembali kegiatan yang baru dilakukan
  6. Buat pengingat yang unik.
  7. Gunakan nyanyian untuk mengingat suatu daftar, biasanya anak-anak TK diajarkan suatu hal dengan nyanyian akan cepat hafal.
  8. Menggunakan alat bantu, contohnya dengan menyingkat seperti mengingat warna pelangi "meikuhibiniu"
  9. Membayangkan kejadian yang menyertai waktu mengingat.

33 comments:

baru datang said... 28 March 2012 at 14:03

makasih sob, ternyata ada triknya mengatsi lupa...

Mami Zidane said... 28 March 2012 at 14:56

lupa tentang hal-hal kecil belum tentu pikun atau amnesia ya mbak, saya ini semenjak menikah dan punya anak sering banget lho mbak mengalami lupa dengan hal2 kecil, ternyata ini karena kita sibuk ya mbak..... alhamdulillah, berarti saya belum pikun ya mbak...hehe...

Si Belo said... 28 March 2012 at 15:17

hehehe...jadi inget kejadian tadi pagi, aye lupe naroh iket rambut padahal lagi buru2, sambil smsan ati berkata "perasaan naroh diatas lemari" eh.. kaga tau nye ada didepan mate...xixixiii *paraahh*

Arif Khumaidi said... 28 March 2012 at 15:29

wah tips yang bagus tu untuk mengingatkan iQ :D

mimi RaDiAl said... 28 March 2012 at 15:52

wah,,,mimi kira mimi amnesia bun, mslhnya seringkali masalah2 kecil dan hal kecil yg sering bgd lupa naruh dmana pdhl bru aja di pake hihii
otakpun agak lemot klo org bicara, nunggu tenang bru nyambung :D
mks tips nya bun

Dadan Darmawan said... 28 March 2012 at 16:21

siip...sekarang sudah nambah lagi kiat untuk menguatkan ingatan...terimakasih

Mas Huda said... 28 March 2012 at 17:41

tips yang nomer 5 itu yang sering saya lakukan... he he

jiah al jafara said... 28 March 2012 at 19:50

tip oke....
catet ah~

Pemilik Resto Surabaya said... 28 March 2012 at 20:36

Senior saya pernah menasihati bahwa jika kita lupa akan sesuatu harus diingat sampai dapat. Misalnya siapa nama mantan suami Dewi Persik yang juga seorang penyanyi dangdhut ?Saya pernah lupa walaupun wajahnya terbayang nyata.
Saya sampai mengurutkan nama berdasarklan abjad, mulai dari huruf A,B, C, dstnya. Akhirnya bertemu pada huruf S yaitu Syaiful jamil.

Jika kelupaan itu dibiarkan berlarut-larut dan menjadi terbiasa maka lambat laun kita bisa pikun, makan bihun dikira makan sukun.

Mengisi TTS juga baik untuk mencegah kepikunan dini dengan syarat ketika mengisi TTS jangan disambi mengisi bak kamar mandi..entar tumpah airnya.

Itu kata senior saya lho.

Salam

cii yuniaty said... 28 March 2012 at 21:54

sy suka point 7,...payah bin parah klo msuk wkt shlt n hrs wudhu terburu2 kadang ada bagian yg terlupakan.....langsung inget tepuk wudhu yg diajarkan ke anak2....alhamdulillah inget lgi...hihihi

nice share bu...

system of blog said... 29 March 2012 at 00:07

Makasih banyak ya bang, jujur aku orangX pelupa banget padahal umur masih muda, aku jadi iri ma temen2 yg inget sama pelajaran2 yang dulu tapi aku dah lupa semua, orang baru 5 menit aja udah lupa, gak tau kenapa bisa gtu huft tapi aku berdo'a moga2 ALLAH mengingatkan apa yg aku lupa,

cah_kesesi_ayutea said... 29 March 2012 at 01:56

sukron mama :D
okey okey..
sebagian trik itu juga udah biasa saya praktekkan khususnya untuk anak didikku :D

iwan said... 29 March 2012 at 04:22

insyaallah ke 9 nya dapat dilakuin

Lidya - Mama Pascal said... 29 March 2012 at 04:23

pascal juga ingat urutan wudhu kalau dinyanyikan

Lidya - Mama Pascal said... 29 March 2012 at 04:26

sama mbak aju uga suka lupa

Lidya - Mama Pascal said... 29 March 2012 at 04:27

ikat rambutnya titip aku aja Nay jadi gak lupa lagi deh :)

Lidya - Mama Pascal said... 29 March 2012 at 04:27

semoga bisa mengingatkan saya juga

Lidya - Mama Pascal said... 29 March 2012 at 04:28

ambil nafas yang panjang mi, jangan lupa dibuang hehehe

Lidya - Mama Pascal said... 29 March 2012 at 04:29

terima kasih juga buat pakde ygsudah memberikan buku ini

Lidya - Mama Pascal said... 29 March 2012 at 04:29

mudah-mudahan tidak lupa lagi ya mas

Lidya - Mama Pascal said... 29 March 2012 at 04:30

selain TTS mengisi atau membuat CV katanya bisa megatasi lupa ya dhe, itu yang pernah saya baca juga

Ari said... 29 March 2012 at 04:31

kadang-kadang saya sering 'hang'...
tiba-tiba lupa saya mau melakukan apa tadi... biasanya kalo sudah begitu aku hanya diam untuk berusaha mengingat kembali apa yg harus dilakukan...

Lidya - Mama Pascal said... 29 March 2012 at 04:32

Amiiin, kalau bisa dilakukan tipsnya

Indra Kusuma said... 29 March 2012 at 11:16

Tips yang bisa dicoba oleh para eksekutor di pengaldilan Sob, semoga tidak ada lagi para pelaku kejahatan yang masih mentereng di kursi panas memiliki alasan penyakit lupa pada saat dibawa dihadapan meja hijau.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

Niar Ci Luk Baa said... 29 March 2012 at 16:12

haduh niar lupa lali mama pascal baru berkunjung di mari.. dimaaphkan yaa mama...:D

cah_kesesi_ayutea said... 29 March 2012 at 16:35

:)
hehehehehe :D
bukan Guru kok, tapi tentor.. Wew

Lidya - Mama Pascal said... 29 March 2012 at 20:09

dimaafkan dong Niar :)

Niar Ci Luk Baa said... 29 March 2012 at 22:54

makasih mama pascal yang cuantik :D *tink

Ami said... 30 March 2012 at 04:19

kayaknya warna pelangi itu mejikuhibiniu deh... (maklum guru PAUD)

Obat Darah Tinggi said... 24 May 2012 at 17:53

dan tidak lupa meminum jus manggis karena mempunyai zat xanthone anti lupa, anti penuaan...sangat dahsyat buah manggis perbanyak llah mengkonsumsinya

 
Top