Sebagai orang timur, kadang kita segan untuk berkata “tidak” kepada sahabat atau kerabat. Akibat keseganan itu kita sendiri yang akhirnya rugi dan repot. Oleh karena itu kita harus bisa memilah dan memilih kapan kita harus berkata “ya” dan kapan harus berkata “tidak”.
Berikut diberikan ilustrasi.

Any sedang dikejar deadline suatu pekerjaan. Di tengah-tengah kesibukannya menyelesaikan sebuah laporan yang menguras tenaganya itu tiba-tiba sahabat dekatnya menilpon. Any terlibat dalam suatu pembicaraan remeh-temeh, penuh basa-basi dan canda. Percakapan lewat tilpon itu dilakukannya hampir satu jam. Akibatnya laporan menjadi terbengkalai sehingga Any ditegur oleh atasannya yang sudah sejak tadi menunggunya.


Menghadapi hal tersebut diatas seharusnya Any secara manis berani mengatakan : ” Maaf NiQ, saya sedang ada tugas nich, kapan-kapan kita lanjutkan lagi ya ngobrolnya. Bos sudah bolak-balik nagih je? “.

Dengan cara seperti itu tentu sahabat yang baik akan memakluminya.
Demikian pula jika ada sahabat atau kerabat yang bertandang keruang kerja kita. Jika kita memang sedang sibuk bekerja tak ada salahnya mengatakan ” Maaf ya saya sedang dikejar deadline, lain kali kita bisa bertemu lagi kan “.

Jika mengatakan “tidak” dengan cara yang santun tentu sahabat atau kerabat akan mengerti.  
Tak perlu segan agar kita tak kejatuhan beban.

.

38 comments:

Pengamat Sosial said... 29 March 2012 at 16:21

Jika kita melihat ada teman yang hobi ngrumpi sudah berdiri anguk-anguk depan pintu, temui sambil berdiri, jangan dipersilahkan duduk.
Setelah hela-helo 15 detik katakan " Maaf Lid, saya tak menyelesaikan laporan dulu ya"
Salam

nicamperenique said... 29 March 2012 at 16:26

hahaha .. pakdeeee ... tau aja sih aku tukang rumpi :P

nicamperenique said... 29 March 2012 at 16:28

saya paling sering berkata TIDAK lho pakde.
terkadang, kalau lagi sibuk niy, terus ada yg telpon, blom sempat dia bilang HALO, saya udah bilang, Gue lagi sibuk! Klo emang penting, lu sms, tar gue baca. Bye! Klik. Telpon langsung matek. Sahabat saya langsung paham klo saya sedang dikejar deadline. Tapi klo orang yang baru kenal, pasti langsung misuh2 hahahaha

cah_kesesi_ayutea said... 29 March 2012 at 16:31

Hmmm.. Curhatnya besok ajah gimana?? Soalnya saya lagi buat slide buat presentasi nanti siang, nih :D
besok malah saya ndak kuliah :D
okey...

Pengamat Sosial said... 29 March 2012 at 16:42

Karena aku menyayangimu say

Abdul Cholik said... 29 March 2012 at 16:42

Okay say....
(tiwas datang jauh2 kok ditolak sih....)

nicamperenique said... 29 March 2012 at 16:47

pakde lagi piket jaga warung hari ini ya xixixi

Si Belo said... 29 March 2012 at 16:49

aye termasuk orang yang susah banget bilang kayak gitu, kaga enak ati..

Tapi nanti dicoba deh ^^

blog kecil said... 29 March 2012 at 16:52

tidak boleh tidak berkata tidak ya om....:)

nicamperenique said... 29 March 2012 at 16:55

emang awalnya gak mudah lho Nay, tapi perlu dicoba. tentunya jangan ikutin cara saya hahaha

*nemenin pakde jaga warung*

Abdul Cholik said... 29 March 2012 at 16:58

iye..dah beli capucino 10 saset ama donat selusin. Kayaknya cukup dah untuk bekal piket

Abdul Cholik said... 29 March 2012 at 16:59

duduknya jangan mepet gini donk...saya kan pemaluuuuuu.

Orin said... 29 March 2012 at 17:02

Duh...saya termasuk yg begitu tuh Pakdhe, segan berkata tidak :(

nicamperenique said... 29 March 2012 at 17:06

bilangnya pemalu, tapi tangan saya dipegangi terus. gimana bisa jauh2 duduknya coba :P

Bung Penho said... 29 March 2012 at 17:14

gue: aduh bang, gue lagi ada kerjaan nich, maaf ya gak bisa ngomong lama2!

Abang: kalo gitu, duit 50 juta ini gak jd gue kirim'in. soalnya gue rencananya mo nanya no-rek kamu nich. bye!

gue: astagaaaa....!

nicamperenique said... 29 March 2012 at 17:19

hahahaha ...
ngeri juga klo yg nelpon mo ngasih duit hahaha

Niar Ci Luk Baa said... 29 March 2012 at 17:56

hahaha lagi sarapan sambil mentelengin kmpter, wah makin siep.... di jamin makin kuru..kurukan daging , hwehehehehe:D

Dadan Darmawan said... 29 March 2012 at 18:36

Mengatakan "tidak" memang berat, apalagi kalau yang ngajak mengiming-imingi dengan duit....hehehehe :D

Mas Huda said... 29 March 2012 at 18:45

iya bener banget, tapi kadang g enak juga sih

ayo mulai berani, biar bisa lebih milih yang prioritas

Samaranji said... 29 March 2012 at 19:01

Pakdhe kereeen...
Jaga warung sambil buat quiz model :D

Lidya - Mama Pascal said... 29 March 2012 at 20:03

Lid siapa tuh pakde?:)

Lidya - Mama Pascal said... 29 March 2012 at 20:04

tapi saya berkata Ya untuk menjawab kuisnya pakde dong :)

dakol said... 29 March 2012 at 20:12

susah-susah gampang berkata tidak untuk hal yang gak ada manfaatnya. Vote: menarik

ysalma said... 29 March 2012 at 20:20

tetapi kalau tugas atau sarapannya sudah kelar pasti telpon/hubungi balik sahabatnya kan Pak.

cah_kesesi_ayutea said... 29 March 2012 at 20:20

Bhahahaha.. Salahe pakde ndak sms dulu :p

cah_kesesi_ayutea said... 29 March 2012 at 20:23

Hayooooo ketahuaaannnn... Lagi berduaaann sambil pegang2 tangan nicam....?? Cuit cuit..

#kabuuuuuuuuuuurrrrr

cah_kesesi_ayutea said... 29 March 2012 at 20:25

Gabung yukk,, ajarin aku yaa kang.. Xixixii

Bung Penho said... 29 March 2012 at 20:42

makanya menempatkan kata tidak itu juga perlu kehati-hatian ahhahahaaa... ilang deh 50 juta!

Ari said... 29 March 2012 at 21:49

patrol.. dilarang pegang2an di sini.. huahahaha..

Evi said... 29 March 2012 at 22:44

Pakde, mengatakan tidak pada teman atau orang saklevel umurnya dengan kita mudah. Namun kesulitan kalau dia orang yg kita hormati, seperti paman, bapak, ibu atau boss. Gimana tuh Pakde?

Abi Sabila said... 30 March 2012 at 00:41

Tidak selalu mudah memang,tapi sebaiknya kita punya prioritas. seperti yang Pak Dhe katakan, asal disampaikan dengan tepat, insya Allah siapapun akan memakluminya.

Abdul Cholik said... 30 March 2012 at 04:06

Menghormati orang kan juga gak harus selalu berkata"ya", "Beres", "oh bisa-bisa", "Nggak apa-apa kok"
Jadi diskresi kita masing-masing

Indra Kusuma said... 30 March 2012 at 06:53

Terkadang kita sebagai orang timur tidak mudah atau pun berani berterus terang Dhe, mungkin belum banyak orang yang belum tahu cara penyampaiannya. Namun, bila hal itu menyangkut suatu hal keputusan yang tegas, Pak Dhe lebih tahu caranya daripaa kita yang masih muda.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

Cerita Tugu said... 30 March 2012 at 16:32

betul itu salah satu kerugian kita kalau tidak mau berterus terang akhirnya jadi rugi sendiri

jus kulit manggis said... 30 March 2012 at 20:18

subdomain ngetik bagus gan ?

Mursyal declick said... 14 April 2012 at 17:05

wadukh pakde lg sibuk sarapan, gak boleh dganggu,
jgn segan2 bilangkan maaf, lain kali aja ya bro :)

Oyong Ilham said... 8 April 2016 at 14:22

kalau untuk hal yg tdk kita sukai katkan aja tidak , ngapain segan

 
Top