Posisi Bek dan gelandang bertahan adalah posisi saya saat bermain sepakbola. Dulu saat ikut Sekolah Sepakbola (SSB) sebenernya posisi yang saya incar adalah penyerang sayap kiri.Posisi itu kandas karena menurut si pelatih, saya lebih cocok jadi gelandang bertahan.Nah disini saya mendapat banyak tips dari pelatih bagaimana melakukan pertahanan yang benar. Berikut tipsnya :
  1. Bayangilah penyerang tapi jangan terlalu dekat ini menghindari jika si penyerang melakukan diving.
  2. Fokus pada bola  ketika berada dalam situasi satu lawan satu.
  3. Bersiap melakukan gerak cepat ke belakang atau ke samping untuk mengantisipasi pergerakan lawan yang tiba-tiba.
  4. Selalu dengarkan pemain lain yang ada dibelakang anda.Karena mereka dapat memberi arahan.
  5. Harus memiliki kesabaran extra.Dan berusaha membuat si penyerang membuat kesalahan.
  6. Lakukan Pressure yang ketat.
  7. Ketika seorang rekan anda sedang melakukan pressure anda juga harus bersiap-siap apabila si penyerang lolos dari hadangan, anda bisa langsung menutup pergerakannya.
  8. Selalu perhatikan libero saat menghadapi tendangan bebas ini bergunaa saat akan menerapkan jebakan offside.
  9. Bermain keras itu sah selama jangan menjurus ke permainan kasar.
  10. Tackle :melakukan tackle harus tepat, lakukan dari depan atau dari samping dan perhitungkan timing yang tepat.Jangan sampai tackle kita gagal apalagi sampai melakukan tackle fatal pada si penyerang.
Ini ada video dari youtube yang mungkin bisa memberi visualisasi bagaimana melakukan pertahanan yang baik:


Satu lagi kunci menjadi pemain belakang yang hebat harus disiplin dan penuh konsentrasi disetiap menit pertandingan,juga selalu utamakan komunikasi dengan pemain lain. Terutama Libero yang selalu jadi patokan pertahanan harus mengkoordinir pertahanan. So kerja sama tim adalah mutlak.

Keep Spirit FootBall

Salam P.L.U.R (Peace Love Unity Respect) dari Riez Generasi Biru 

23 comments:

kang riez said... 18 March 2012 at 17:45

Pertamaxx wakakakak

Abi Sabila said... 18 March 2012 at 18:08

keduax. hahahahhaha

Meski saya awam dengan persepakbolaan,tapi saya sepakat dan sependapat bahwa disiplin, konsentrasi dan juga komunikasi dengan pemain lain mutlak diperlukan dalam sebuah kerja sama team.

Salam.

kang riez said... 18 March 2012 at 18:19

Iya apalagi dalam sepakbola kerjasama itu wajib

Mas Huda said... 19 March 2012 at 00:03

sayabisanya nonton aja sih jadinya ya kalo maen bola ikut-ikutan doang

Ari said... 19 March 2012 at 00:06

Wah, hebat ya pemainnya cewek... Masih muda pula :D

kang riez said... 19 March 2012 at 00:09

Sekarang saya malah cuma sering jadi penonton

kang riez said... 19 March 2012 at 00:10

Pelatihnya udah tuwir ya :P

Ari said... 19 March 2012 at 00:28

yang tuwir itu yang berpengalaman kan? hahaha

Riyan Maulana said... 19 March 2012 at 00:52

wew
keren yang maen Bola cewek,....

Lidya - Mama Pascal said... 19 March 2012 at 03:40

aku milih jadi wasit aja hihihi takut main bola. ini postingan khas Riez

riez said... 19 March 2012 at 04:07

Pasti jadi pingin main bola bareng?

riez said... 19 March 2012 at 04:09

Jadi wasit juga berat loh...apa lagi wasit liga di Indonesia kalo penonton ngamuk bisa benjut heheehe.

Hzndi said... 19 March 2012 at 14:29

Boleh diterapkan ini :)

Gandi said... 19 March 2012 at 14:50

Sebenarnya sama sekali saya ga bisa maen bola, apalagi bikin goal... hehehe

*Belum dikasih police line kan?? :-P

Naya Elbetawi said... 19 March 2012 at 15:34

aye semangat kalo yang maen bola ayang Filippo Inzaghi apalagi kalo doski lagi diving, pokoknya mah sekseehh dah... hahhaiii :D

Niar Sri Sadono Ningrum said... 19 March 2012 at 16:12

heh cewek bal2an? ndak bisa main bal2an deh niar, main na kelereng sama2 bulet nya :D

Ririe Khayan said... 19 March 2012 at 22:08

main sepak bola sama anak kecil lucu lhoh..seru..heboh..gaduh..bikin fresh pokonya..

Stupid monkey said... 20 March 2012 at 03:18

wew, dari dulu, saya kalo maen bola selalu jadi gelandangan sob, hehehe ..:D

Evi said... 20 March 2012 at 03:22

Pertahanan dalam permainan bola ini, kayaknya bagus juga kalau kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Lawannya buka orang lain, tapi yang jelek-jelek dari diri kita sendiri :)

Tiesa said... 20 March 2012 at 20:06

cuma bisa nonton, ngga bisa mainnya hihihi

Indra Kusuma said... 29 March 2012 at 11:37

Jadi ingat waktu masih suka main bola Sob. He...x9

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

ariekusuma357 said... 11 April 2012 at 02:37

ane kagak suka bola. hizk hizk hizk.

Ario Antoko said... 14 April 2012 at 20:10

jadi bek juga diajari waspada terhadap diving lawan yah :p

 
Top