#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bermain Kata Kunci Bintang 14 Hari blibli Blog competition Bloger di Masa Depan Blogging Budaya Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hari Bloger Nasional Hari Blogger Nasional Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Kangen Band Karya Kata Depan di ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Peduli Kata Kunci Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan Reportase Resensi Buku Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif Teknologi Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling tulisan pilihan Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger

Chartered Bank of Batavia merupakan gedung tua yang berada di lokasi Kota Tua Jakarta Utara. Gedung tua ini memiliki khas yang menarik tidak terlupakan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap mata yang melihatnya serta menghidupkan nuansa klasik kehidupan masa silam.

Harmonisasi rancang bangun bergaya Doria, Renaisaus, dan Korintia mengerucut dan berasimilasi membentuk gaya arsitektur Neoklasik Yunani yang menakjubkan. Sebuah menara yang berbentuk kubah dengan model Bisatium berwarna oranye akan memancarkn cahaya keindahan mengagumkan di malam hari efek cahaya lampu yang menyorotinya. Gedung ini didirikan pada abad ke 19.



Dari data yang penulis dapatkan pada saat berkunjung ke Kota Tua Jakarta Utara, melalui sumber beberapa daftar pustaka yang penulis dapatkan dari Perpustakanaan Arsip Nasional, Chartered Bank of batavia di dirikan pada tanggal 27 Febuari 1921 pada jaman Kejayaan Hindia Belanda pada saat menjajah di Indonesia.

Chartered Bank of Batavia dirancang seorang arsitek asal Amsterdam yang bernama Geard Hendrik Hubert Eduard Cuypers yang mengadopsi gaya khas kekaisaran popiler pada waktu itu. Peletakan batu pertama pada saat pembangunan gedung ini dilakukan oleh seorang puteri manager Chartered Bank of Batavia yang bernama Juice Murray Stewart pada tahun 1921.

Chartered Bank of Batavia didirikan karena berlatar belakang pada waktu tersebut kejayaan pemerintah Hindia Belanda di bidang ekonomi terutama dalam perdagangan komoditi teh, tembakau, dan kopi menjadi alasan didirikannya gedung ini sebagai kantor perwakilan Chartered Bank di Batavia, setelah masuknya agen Chartered Bank ke batavia tahunb 1863. Sedangkan Chartered Bank sendiri di dirikan di London pada tahun 1853 oleh James Wilson mengikuti Piagam Royal dari Ratu Victoria; yang kemudian membuka cabang pertamanya pada tahun 1858 di Calcutta, Bombay dan Shanghai.

Chartered Bank of Batavia yang berdiri megah di area seluas 2.275 m2 yang berlokasi di jalan Kali Besar barat No. 1-2 jakarta Barat, kini hanyalah tinggal berupa bangunan tua megah sebagai salah satu saksi bisu sejarah yang memberikan suatu gambaran sejarah terutama pada saat batavia didaulat sebagai pusat perdagangan tingkat internasional.

Dalam kutipan sejarah bangsa Indonesia pada saat bangsa Indonesia berkonfrontasi dengan negara malaysia tahun 1965, pemerintah RI mengambil alih segala perusahaan asing yang ada. Salah satu di antaranya adalah Chartered bank of batavia yang dinasionalisasi pada tanggal 2 maret 1965, serta dilimpahkan pada bank Umum Negara yang berubah menjadi Bank Umum Bumi Daya pada era kepemimpinan pemerintahan Presiden Soeharto.

Gedung Chartered Bank of Batavia merupakan salah satu saksi bisu peninggalan sistem perbankan Kolonial Hindia Belanda dan masih tetap melekat sampai saat ini sistem perbankannya dan masih berlaku di negeri ini. Chartered Bank of Batavia gedungnya sampai sekarang masih berdiri tegak meski berjibaku melewati masa ruang dan waktu panjang periode kepemimpinan bangsa Indonesia.

Seandainya saja bangsa Indonesia dapat mengambil pesan yang terpatri dari kemegahan gedung tua Chartered Bank of Batavia yang pernah mengalami masa kejayaan ekonomi di tingkat Internasional pada waktu itu, pastilah perasaan gundah dulana masyarakat Indonesia tidak akan berlarut-larut hingga samapai saat ini, apalagi pada saat bangsa ini akan menghadapi kenaikan Bahan Bakar Minyak yang akan membawa dampak kepada spiskologi masyarakat.

Namun, bagaimanapun kehadiran bangunan tua itu telah membentuk tata ruang Kota Jakarta menjadi semakin  menarik dan tidak tergoyahkan karena zaman, tidak peduli cuaca, dan debu jalanan yang terus menghantamnya, keberadaannya tetap saja memilki pesona aura yang memikat tiada tara..

Melihat fenomena penampakan bangunan sejarah di Kota Tua penulis mendapatkan pesan tersendiri dari setiap bangunan yang ada disana, terbesit dalam hati penulis sambil berharap agar bangsa ini dapat kembali pada masa kejayaan ekonomi pada masa jaman Chartered Bank of Batavia dan tidak menjadi bangsa yang hidup di dalam kemegahan museum-museum bangunan tua megah yang hanya tinggal sebuah cerita untuk anak cucu kita belaka.



Salam,

Label: ,

Post a Comment

  1. Saya belum pernah kesini. Sekarang gedung itu digunakan untuk apa ya Mas Indra?

    ReplyDelete
  2. Mas..padahal di ikutin sertakan ke kontesnya Bu Monda tuh..

    ReplyDelete
  3. fotonya kurang banyak hehe.. buat saya yang belum pernah berkunjung ke sana jadi penasaran..

    ReplyDelete
  4. wah jadi pingin kesana om indra... niar di sidoarjo ndak ada batavia jaman dulu lho... :D

    ReplyDelete
  5. ayoo..ke bank, mumpung tanggal muda #rajin menabung

    ReplyDelete
  6. baru sekali ke Jakarta & itu pun sudah luamaa sekali. ya, setidaknya bisa mengobati kangen pada Jakarta :mrgreen:

    ReplyDelete
  7. saya pun belum kesana... :) Itu dekat musem fatahillah kaH

    ReplyDelete
  8. ane belom fernah ke zakartah...afelagi ke sanah. zemoga ane bza berkunjung suatu hari :D

    ReplyDelete
  9. Good Post. Thanks for sharing this information which is useful for all.

    php web development

    ReplyDelete
  10. Beberapa minggu lalu Sabila pernah bilang mau berkunjung ke Kota Tua bersama rombongan les bahasa Inggrisnya,tapi entah kenapa ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan, padahal sudah niat banget untuk ikut. Selama ini baru lihat Kota Tua melalui tayangan televisi.

    ReplyDelete
  11. sering lihat dan lewat tapi belum pernah mampir pak

    ReplyDelete
  12. Eh, itu yang sebelah mana ya...
    Oh iya itu Bisatium, bukan Byzantium ya? Hehehe gak tau ding :D

    ReplyDelete
  13. waktu ntu kesana penuh banget, jadi gak ngeh ada bangunan bank itu :(

    ReplyDelete
  14. kota tua emang enak dipandang mata ya.... kayak di Jogja juga yang di perempatan malioboro....

    ReplyDelete
  15. tapi sayang perawatannya kurang ya sob :D

    ReplyDelete
  16. Gedung tersebut sekarang hanya menjadi sebuah museum yang tertutup, dan kita hanya dapat menikmati dari luarnya saja Mba.

    ReplyDelete
  17. Aku lebih suka berbagi Mba informasi tanpa ada tujuan tertentu. Sebab kalau sudah memilki niatan untuk ikut lomba biasanya mood saya sering hilang dalam menulis. He....x9

    ReplyDelete
  18. Foto hanya dapat diambil dari luar gedung saja Mba, sedangkan di dalam gedung keadaan tertutup rapat dan digembok. Bila penasaran bisa langsung datang kesana dan masih banyak obyek pendukung di wilayah Kota Tua Jakarta.

    ReplyDelete
  19. Nanti kalau ke Jakarta bisa mampir, kalau bingung bisa hubungi saudara atau pun kerabat di Jakarta he....x9

    ReplyDelete
  20. Feeling so good kalau sudah urusan tanggal muda deh si Mba.

    ReplyDelete
  21. Nanti kalau ke Jakarta mampir ya Mba.

    ReplyDelete
  22. He.....x9 lain kali bisa langsung mampir kesana.

    ReplyDelete
  23. Benar Mba, dekat dengan museum Fatahillah.

    ReplyDelete
  24. Thank you for visiting in Warung Blogger.

    ReplyDelete
  25. Terimakasih semoga bermanfaat untuk kita semua.

    ReplyDelete
  26. Minimimal ada hikmahnya. Sebelum pergi sudah mendapatkan informasi pengetahuan terlebih dahulu Mas.

    ReplyDelete
  27. He...x9 lain kali bisa mampir Mba

    ReplyDelete
  28. Mungkin Nay waktu itu main sepeda onthel kali ya ! Jadi ga konsen. He...x9

    ReplyDelete
  29. Benare Sob, dan ini merupakan obyek wisata edukasi bernilai sejarah.

    ReplyDelete
  30. Perawatannya untuk bangunan luar cukup Sob, namun untuk yang didalam saya tidak tahu. Karena gedungnya dalam keadaan tertutup terus.

    ReplyDelete
  31. wah kapan ya saya kesitu,
    pengen lihat bank tempo dulu :)

    ReplyDelete
  32. baru sekali ke Jakarta & itu pun sudah luamaa sekali. ya, setidaknya bisa mengobati kangen pada Jakarta

    ReplyDelete
  33. Bangunannya seperti Lawang Sewu di Semarang

    Postingan yang bagus sob
    sekalian izin follow ya

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.