#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #8TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bahasa Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bermain Kata Kunci Bintang 14 Hari blibli Blog competition Bloger di Masa Depan Blogging Budaya Buku Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Google Question Hub Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hari Bloger Nasional Hari Blogger Nasional Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali hubungan Imbuhan Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Jakarta Kangen Band Karya Kata Depan di KBBI ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Liburan life Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Peduli Kata Kunci Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan relationship Reportase Resensi Buku Resolusi Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni self help SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif tahun baru Teknologi teman Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling tulisan pilihan Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger


Oleh: Noorma Fitriana M. Zain

gallery-ancy9381.blogspot.com

Semua orang tentu sepakat bahwa korupsi adalah salah satu penyebab rusaknya bangsa Indonesia. Sehingga tidak salah jika diawal kepemimpinan SBY-JK (2004) dulu masyarakat diajak bersama-sama untuk berperang melawan korupsi, karena korupsi dianggap sebagai musuh bersama (commond enemy). Namun sayang, dibawah kepemimpinan SBY-Boediono saat ini upaya perang melawan korupsi berjalan lamban dan masih terkesan tebang pilih. Sehingga sangat wajar jika perilaku korupsi masyarakat Indonesia masih tetap subur.



Berbagai usaha untuk memberantas penyakit korupsi memang telah dilakukan, dan yang paling fenomenal tentu saja dibentuknya lembaga khusus pemberantas korupsi yang diberi nama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun, peran KPK yang diawal kelahirannya begitu menjanjikan untuk bisa memberantas korupsi, saat ini bagai macan ompong yang tidak lagi ditakuti oleh para koruptor. Kenyataan ini tentu sangat memprihatinkan, mengingat KPK adalah satu-satunya lembaga antikorupsi yang jadi harapan masyarakat untuk dapat memberantas budaya korupsi di negeri ini.

Semakin menumpulnya peran KPK dalam memberantas korupsi membuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akhirnya turun tangan. Kemdikbud menilai bahwa upaya pemberantasan korupsi tidak hanya bisa dilakukan dengan cara menindak para koruptor, tetapi yang paling utama adalah upaya pencegahan. Dan upaya pencegahan yang paling efektif adalah melalui pendidikan.

Atas dasar itulah akhirnya Kemdikbud memutuskan untuk ikut berperan dalam mencegah korupsi melalui jalur pendidikan. Cara yang dipilih oleh Kemdikbud adalah dengan memasukkan nilai-nilai pendidikan antikorupsi ke dalam mata pelajaran di sekolah-sekolah. Rencananya penerapan pendidikan antikorupsi akan dilakukan saat tahun ajaran baru 2012/2013. Hal tersebut dilakukan dengan diharapan akan menjadi senjata paling ampuh untuk mencegah terjadinya praktek korupsi di masa yang akan datang.

Ditanamkannya pendidikan antikorupsi sejak dini kepada siswa disekolah juga bertujuan agar peserta didik memiliki jiwa antikorupsi. Jiwa antikorupsi inilah yang akan menjadi benteng bagi mereka untuk tidak melakukan perbuatan korupsi jika mereka sudah dewasa kelak. Oleh sebab itulah program yang dicanangkan oleh Kemdikbud bekerjasama dengan KPK ini patut untuk segara direalisasikan.

Pada dasarnya rencana penerapan pendidikan antikorupsi di sekolah sejalan dengan tujuan pendidikan nasional yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap dan kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Inti dari pendidikan antikorupsi sebagaimana tujuan dari pendidikan nasional adalah menanamkan karakter kepada generasi muda agar mau berlaku jujur dalam hidupnya.

Upaya pendidikan antikorupsi di sekolah akan sulit tercapai jika tidak didukung oleh segenap warga sekolah, terutama kepala sekolah dan juga para guru. Keteladanan akan menjadi kunci utama keberhasilan penerapan pendidikan antikorupsi. Para pendidik harus senantiasa aktif memberikan keteladanan kepada murid-muridnya untuk tidak berbuat korupsi. Semua usaha pencegahan korupsi tersebut akan berjalan dengan baik manakala semua elemen bangsa mau bersatu melawan korupsi.

Tentang Penulis Tamu:

Nama   : Noorma Fitriana M. Zain
FB       : Noorma Fitriana M. Zain
Twitter : @pie2th
Asal      : Pekalongan
Label:

Post a Comment

  1. Betul sekali, sikap dan nilai nilai jujur harus sudah di terapkan sejak dini..^^

    ReplyDelete
  2. waaa..... picturenya kerennn :D
    ^btw, korupsi itu bener-bener susah banget yah diberantas, dilingkungan teman kampus sendiri aja susah ngingetin, huft =.=

    ReplyDelete
  3. iyaa... supaya genersi muda kita menjadi generasi yang bertanggung jawab..

    ReplyDelete
  4. bhhhaa... iyaa tuh picter paling baguuss,,, :D

    iyaa betul mas,, emang susah, tapi apasalahnya mengaatasai sejak dini :D

    ReplyDelete
  5. Makasihh infonya sobat..

    Happy blogging..

    ReplyDelete
  6. setuju sii...
    tp sepertinya ga hanya pihak sekolah saja yang menjadi penentu.
    dari keluarga, lingkungan juga mempunyai peran penting...hehehe*tumben bisa serius :p

    ReplyDelete
  7. KOrupsi atau Kawin Lagiii.... whakakakak, becanda.

    Serius : Benar, pendidikan ANTI KORUPSI harus ditanamkan sejak dini. Sejak kecil jangan ajarkan anak untuk melempar kesalahan pada orang/benda lain. COntoh, si anak jatuh, seringkali ortu katakan "Mejanya yang salah, dll", dampaknya saaat dewasa menjadi si Ud*n, suka lempar kesalahan, hahaha....

    ReplyDelete
  8. asyik..

    hehee... loh.. lihat situasinya dunk mbak :D

    makasih udah menambah pendapatnya :D

    ReplyDelete
  9. bhahhaa.. ada - ada ajaah nie anak :p

    iyaa... kasian juga si anak itu,, salam buat dia yaa

    *ngomong nglantur :D

    ReplyDelete
  10. mari cegah korupsi dari diri sendiri, dari sekarang dan dari hal-hal yang kecil.

    ReplyDelete
  11. dimulai dari hal yang sederhana dulu
    masuk sekolah jangan terlambat itu udah jadi bentuk mencegah korupsi, korupsi waktu :D
    nice post, terima kasih :)

    ReplyDelete
  12. Yuk marii kita mulai mencegah korupsi dari diri sendiri..
    dari hal-hal yang sederhana..

    *semoga kita di jauhkan dari Korupsi*
    Korupsi cuma enak sesaat yaa..

    ReplyDelete
  13. marii.. tanamkan rasa itu sejak dini.. dan mulai dari diri sendiri :D

    ReplyDelete
  14. makasiihh jugaa dah mau membaca :D

    ReplyDelete
  15. amieennn....

    yang terpenting niat dulu :D

    ReplyDelete
  16. korupsi tidak bisa dicegah oleh siapapun.
    kita hanya bisa berusaha. memang kodratnya manusia punya dua sisi positif dan negatif, termasuk korupsi. pasti ada saja kejadian menyangkut korupsi, tidak hanya dalam hal korupsi uang milyaran.
    Yang ada kita hanya bisa menyebarkan ilmu moral positif kepada banyak orang, sehingga sisi negatif akan lebih sedikit. dan korupsipun akan tertutup oleh kebaikan..
    mari kita dukung kemendiknas untuk mencegah korupsi

    ReplyDelete
  17. mari.. semoga apa yang kita lakukan dan jalani menjadi penguat semangat kita bersama demi membangun bangsa yang lebih arif

    ReplyDelete
  18. Mbak Noorma jadi kontributor juga tho, hihihi!
    Semoga kita selalu dijauhkan dari korupsiii @_@

    ReplyDelete
  19. hehhehe... kenapa cantik??
    aku harus banyak belajar ma kamu , nih :D


    husshh... husshh.. nggusah koruptor,, ckckcckck

    ReplyDelete
  20. pejabat2 yg korupsinya milyaran itukan dulu 'rakyat biasa' yang melakukan korupsi kecil2an jadi.. stop korupsi dimulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar, misal tidak pakai jalur cepat dalam pembuatan KTP/SIM dsb.nya, juga tidak mengajak 'damai' polisi ketika tertilang. dan anak diajarkan untuk tidak mencontek karena mencontek adalah bagian dari kecurangan :) #imho

    ReplyDelete
  21. he em.. tambahanya betul sekali... :)

    ReplyDelete
  22. your post is nice.. :)
    keep share yaa, ^^
    di tunggu postingan-postingan yang lainnya..

    jangan lupa juga kunjungi website dunia bola kami..
    terima kasih.. :)

    ReplyDelete
  23. Semoga kita semua tidak mudah tergoda dengan prilaku korupsi dalam kehidupan kita. Dan dapat menjadi suru tauladan bagi orang-oang disekeliling kita.

    Sukses selalu
    Salam Wisata,

    ReplyDelete
  24. emang budaya anti korupsi hrus diajarkan pada anak sejak usia dini

    ReplyDelete
  25. kita bicara masalah mengatasi korupsi,tapi pernah kah kita bicara memberikan inkam yang lebih kepada mereka ! ataupun memberikan pemasukan finansial untuk seluruh masyarakat.ada satu pertanyaan lagi kenapa mereka korupsi? ataupun kalau ditempat tempat umum mereka fungli, bisa dipastikan mereka secara financial mengalami kekurangan jawabanya.hari ini kita coba membuka lembaran baru didunia ini mencoba memberikan ketertiban yang dimulai dengan diri kita masing2 untuk emulai kehidupan yang saling percaya satu sama lain ataupun saling menghargai dalam bermasyarakat dan kembali kita mulai membangun finansial dimulai dari anak kita yang baru lahir agar mereka ada jaminan untuk melanjutkan pendidikan dan mempersiapkan mereka satu sama lain,secara perorangan untuk mencapai bebas finansial selagi mereka menjalankan pendidikan agar secara sdm mereka mampu mengembangkan ilmunya untuk kehidupan bermasyarakat,dalam artikel ini say mengajak teman2 pembaca untuk memikirkan bagaimana caranya....untk mewujudkan semua ini biar generasi selanjutnya dapat membersihkan pemerintahan kita yang bersih dari korupsi............

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.