Oleh: Selvi Betharia


Halo semua warga warung, apa kabarnya nih? Baik –baik aja kaaaaannn!!

Kali ini postingan ku, makanan lagi. Aku mau bagi resep cara membuat Pempek Pastel. Udah ada yang tau belum pastel itu apa? Pastel itu, pempek yang bahan dasarnya atau isinya terbuat dari pepaya muda. Nah ini dia penampakannya?



Cara bikinnya gampang dan rasanya bikin ketagihan, dijamin enak. Yuk langsung aja kita ke TeKaPe…

Bahan –bahan yang dibutuhin:

  • ¼ tepung terigu
  • ½ kg tepung sagu (*perbandingan antara tepung terigu dan tepung sagu 1 :2)
  • 1 buah telor (kalau ngga punya telor, ngga dipake juga gpp)
  • 3 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • ½ kg Pepaya muda yang sudah diparut (1 buah papaya muda yang ukuran sedang), -- dipasar ada kok yang dijual sudah parut.
  • Garam secukupnya
  • Penyedap.

Mudah didapat kan bahan-bahannya, yuk lanjut kita cara membuatnya

Pertama. Kita buat induk pempeknya. Tepung terigu dikasih garam diaduk sampai rata, setelah rata masukan air panas mendidih sambil diaduk sampe semua tepung terigu kena. Sisihkan sampai agak dingin. (kalau masih panas di ulen kan tangan bisa merah-merah nahan panas ^_^)


Kedua. Pepaya yang sudah diparut tadi ditumis bersama bawang merah dan bawang putih, tambahkan garam dan penyedap secukupnya (penyedap bisa dipake atau nggak) sampai pepayanya lembut. Lebih kurang 15 – 20 menit.

Ketiga. Induk pempek yang tadi disisihkan, masukin telor diaduk sampe rata. Setelah itu masukin tepung sagu sedikit demi sedikit sampai adonan pempek tidak lengket. Setelah itu, bahan kulit pempek tadi diambil sedikit, dibuat kayak cekungan kedalam trus masukin pepaya kedalamnya.. direkatkan kembali pempeknya….. dan jadi deh.

The last, goreng pempeknya, dengan api sedang dan sering dibolak-balik agar semua permukaan matang dengan sempurna, angkat dan sajikan.

Oya, cuka pempeknya mana mana mana….. lupa…nih cara membuatnya. Ini namanya cuka dadakan (aku sering bikin kalau bikinnya cuma sedikit, karena semua bahannya dimasak sekaligus).

Cuka Dadakan

Siapkan gula merah 1 buah (untuk ukuran sedang) masukan air sekitar 4 -5 gelas takar (kalau dalam ml berapa ya, soalnya airnya suka suka sih, kalau pengen kental sedikit airnya. Masukin asam jawa seukuran jempol tangan. Masukin bawang putih (6 siung), cabe rawit secukupnya (tergantung selera mau pedas atau ngga) dan garam. Bawang putih dan cabe diulek/ digiling terlebih dahulu sebelum dimasukin ya. Tunggu deh sampe mendidih.

Note pribadi : membuat cuka itu harus pas semuanya pada awal pembuatan, jangan ditambah-tambah ditengah jalan, itu jadi rasa cukanya bisa ga jelas. Jadi pake feeling membuatnya.

Selamat mencoba ^_^

@bethariaselvi

47 comments:

Ririe Khayan said... 23 May 2012 at 15:48

Baru ngerti neh kalau pempek pistel [kata teman saya nulisnya 'pistel'] kalau menggunakan pepaya juga...#jadi kebayang pempek palembang deh

nchiehanie said... 23 May 2012 at 15:49

waahh..ngiler..
Baiklah nanti aku coba resepnya,..

Makasih ya Selvi kiriman pempek pastelnya

Mas Huda said... 23 May 2012 at 16:34

kirim ke Jogja dong,,,, bikin ngiler aja

Rizki Pradana said... 23 May 2012 at 17:05

postingan2nya sangat bagus, menarik dan bermanfaat,,terus menulis,,karena dengan menulis kita bisa mengembangkan imajinasi kita dan menjadikan kita lebih kretaif..serta kadang bisa menghibur orang lain.. ^_^

salam kenal
kalau berkenan silahkan mampir ke EPICENTRUM
folloback juga ya buat nambah temen sesama blooger,,tukeran link juga boleh,,makasih..^_^

Sang Cerpenis bercerita said... 23 May 2012 at 17:07

wah tks tips bikin empek2nya

Arif Khumaidi said... 23 May 2012 at 17:19

hemm.. mantapnya... jadi pingin..

Ari said... 23 May 2012 at 17:22

Alhamdulillah.. untung baru makan mie ayam, jadi nggak terlalu napsu :p

Millati Indah said... 23 May 2012 at 17:50

Kata temen saya pempek pastel biasanya direbus. Ternyata bisa digoreng juga, yah? Bisa minta sampelnya nggak? Males bikin ndiri :D

Selvi betharia said... 23 May 2012 at 18:05

Aku kalau bikin pastel...slalu langsung digoreng..karena rasa direbus sama goreng...beda..aku lebih suka langsung digoreng..
Ya uda kesini aja...ntar langsung rasain sempelnya

Selvi betharia said... 23 May 2012 at 18:13

Pistel ya? Aku biasa ngomongnya pastel ^^,
Emang biasanya isinya pake apa aja? Bukannya pempek pastel isinya pepaya setahu aku sih :), heeee ntar aku tanya mama ku lagi pastel isinya ada apa aja.
Ya uda maen ktmpt ku aja... Ntar makan pempek palembang sepuasnya deh

Tiesa said... 23 May 2012 at 18:23

ehh aku baru tahu nih ada pempek yang isinya pepaya muda, dan adonannnya ga pake ikan yahh, lebih simple dan murah. wahh mau bikin ahhh
makasih selvi resepnya *ketjup jauh dari bogor buat Selvi* :D

applausr said... 23 May 2012 at 20:56

loh kok pempek pastel ada pepayanya ya.... adonannya mirip pempek.... coba catat dulu nih... buat di coba coba kalau weekend... izin ya....

Elsa said... 23 May 2012 at 21:55

sayang kok gak ada foto mpek mpek pastel yang sudah terbelah...
jadi pingin tau penampakan isinya kayak apa

kalo dari jauh sih, kelihatannya lezat
jadi pingin makan juga nih

Baby Dija said... 23 May 2012 at 21:56

wah Dija belom pernah makan pempek
gak pedes kan???

aida said... 23 May 2012 at 22:37

wah boleh dicoba nih resepnya, aku juga suka buat camilan tuk keluarga,

kujungan perdanaku, ditunggu kunjungan baliknya

Evi Indrawanto said... 23 May 2012 at 22:56

Tampak enak sekali. Mbak. Bentuknya seperti duren bangkok yg baru saja di kupas :)

Dadan Darmawan said... 24 May 2012 at 03:13

Terima kasih resepnya, nanti mau coba bikin....

uci cigrey said... 24 May 2012 at 14:19

pengen nyobain, susah ngga yah :D
kalo ditambah di tengah jalan rasanya suka aneh yah?
ini kaya duren deh

Obat Kanker Hati Tradisional said... 24 May 2012 at 16:36

wah jadi lapar en pengen nyoba nyam nyam .....hehe.....trims agh

Ajeng Sari Rahayu said... 24 May 2012 at 17:00

unik-pake pepaya muda. sepertinya saya harus nyoba resep di atas >.<

Niar Ci Luk Baa said... 24 May 2012 at 20:58

wow enaknya mbak, makanan terus, mau mau :D

kirim sidoarjo yaa mbak :D

Ardiansyah Pango Darwis said... 25 May 2012 at 03:56

wow mau dong :)
baru tahu nih isinya ada yang gitu kira2 rasanya seperti apa ya penasaran :)

Shohibul Kontes Indonesia Bangkit said... 25 May 2012 at 13:39

Makanan favoritku selama 6 tahun dinas di Palembang
Sekarang bisa beli mpek-empek di mana saja kan ya.
Terima kasih sajiannya yang anget.

Salam hangat dari Surabaya

Elfrida Chania said... 26 May 2012 at 17:35

Ngiler! Pempek makanan favoritku! :)

Selvi betharia said... 30 May 2012 at 02:39

hihiii... sama2 mbak :)

Selvi betharia said... 30 May 2012 at 02:52

hahaa....kira2 sampe sana bonyok ga ya heee

Selvi betharia said... 30 May 2012 at 02:55

iya sama2 mbak fanny :)

Selvi betharia said... 30 May 2012 at 02:56

ayoooo silahkan dicoba.... marri mari dimakan :)

Selvi betharia said... 30 May 2012 at 03:01

hahahaaa yakinnnnn???

Selvi betharia said... 30 May 2012 at 03:03

iya, ga pke ikan.... ayo buruan di coba...

ketjup diterima hee *_*

Selvi betharia said... 30 May 2012 at 03:04

iya pempek pastel isinya ya pepaya muda...silahkan..ayo ayo dicoba :)

Selvi betharia said... 30 May 2012 at 03:05

lupa di foto mbak ..ntar kalau aku bikin lagi ya ntar tak krim.

ayo dicoba....bahan2nya mudah didapat dan bikinnya juga gampang :)

Selvi betharia said... 30 May 2012 at 03:08

ngga kla ngga pake cukanya..tapi dimakan tanpa cuka juga enak kok :)

Selvi betharia said... 30 May 2012 at 03:09

iya...mudah kok bikinya....

sip :)

Selvi betharia said... 30 May 2012 at 03:11

:), wah perbandingan yang mantap durennnnnn aku mau :)

Selvi betharia said... 30 May 2012 at 03:12

sama- sama. selmat mencoba :)

Selvi betharia said... 30 May 2012 at 03:14

ngga gampang kok....slahkan dicoba..

iya

masa sih heee :), kla bentuk aslinya...dibagian ujungx diplintir plintir, tapi aku ga tau cara bikin plintirx...ya jadi kayak gtu hee

Selvi betharia said... 30 May 2012 at 03:33

ayo ayooo di coba :) sama- sama

Selvi betharia said... 30 May 2012 at 03:34

ayo...emang harus heee... salah satu makanan palembang nih :)

Selvi betharia said... 30 May 2012 at 03:34

heeee, biar kamu pinter masak hahahaaa

kla awet sampe sana aku kirim deh :) hee

Selvi betharia said... 30 May 2012 at 03:35

ayo dicoba br ngga penasaran lagi :)

Selvi betharia said... 30 May 2012 at 03:36

iya dimana aja.... tinggal rasa yang mana paling pas dilidah :)

Selvi betharia said... 30 May 2012 at 03:40

sama aku juga.....sarapan sama pempek itu sesuatu banget hee

Asep Haryono said... 5 October 2012 at 20:40

Ya bener baru saya dengar ya. Pempek yang saya tahu sih Pempek Palembang, dan belum tau kalaw ada pempek seperti ini. Menari, dan sepertinya yummy bangedssssss

attick said... 26 March 2013 at 23:29

ikut nelimbrung mbx selvi nmbh dikit yach,tumisn pepaya muda y lbh enk lg klo ditmbh udg rebon psti tmbh enk.

Sakalvin said... 13 May 2013 at 05:58

Lapeeerrrrr.... cuko mana cuko hahaha :D

Oyong Ilham said... 8 April 2016 at 14:32

kelihatannya enak ni

 
Top