#5TahunWB #5TahunWB: Photo Quotes Contest #7TahunWB #8TahunWB #HappyBlogging #Menu7uhWBLebihBaik #MubesWB 4 Tahun Ultah WB 7 Tahun Warung Blogger 79 Tahun Sinar Mas untuk Indonesia 90an Access Trade Advertorial Afiliasi Anak ANDA SEORANG INTERNET TROLL? Anniversary aplikasi musik artikel WB Ayah Bahasa Bangkit dari Kehilangan Orang Tua Bedah Buku belanja online Bermain Kata Kunci Bintang 14 Hari blibli Blog competition Bloger di Masa Depan Blogging Budaya Buku Cara Bergabung Catatan Ringan Cerpen Charity Cheria Halal Holiday competition Copy Paste Crowdo Digital Millennium Copyright Act DMCA EBI Emak Gaoel Vlog Competition Ensiklopedia Eva Sri Rahayu Event WB EYD Facebook WB Fakta dan Mitos Fashion & Beauty Festival Prestasi Indonesia UKP-PIP Pancasila Inspirasi Maju Filosofi finansial Gadget Generasi 90an Gerakan PKK Google Google Question Hub Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menulis di Blog Hari Bloger Nasional Hari Blogger Nasional Hiburan Hikmah Hobi hotel murah di Bali hubungan Imbuhan Indonesiaku Info info lomba InfoWB Inspirasi Involve Asia istri Jakarta Kangen Band Karya Kata Depan di KBBI ke Kelas Bahasa Keluarga Kesehatan keuangan Kiat Menulis Postingan Blog Kompetisi Blog 5 Tahun Warung Blogger Kompetisi Blog 6 Tahun Warung Blogger kompetisi blog langit musik Kompetisi Blog LangitMusik Konsistensi Kontes WB Kopdar Mini Suka-suka Kopdar WB KOPI SUSU WB Kuliner Langit Musik Blog Competition #MusiknyaHidupKamu Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu Liburan life Lifestyle Logo Logo Baru Lokasi Lomba Lomba Blog Menu7uh Warung Blogger Lomba Menulis Manfaat Olahraga yang Menakjubkan Media Menulis Motivasi Musik & Film new langit musik Novel Novel Indonesia Oase Olahraga Olahraga & Kesehatan Parade Para Monster Parenting Peduli Kata Kunci Pendidikan pengumuman pemenang Permainan Rakyat Pojok Pojok WB POJOK WB IDOL Positif Self Talk Ramadan relationship Reportase Resensi Buku Resolusi Retweet Review review produk rumah tangga saleduck Sastra Sastra & Seni self help SEO Shell Shell Eco-Marathon Sosial & Budaya suami Subjektif tahun baru Teknologi teman Tidur Tips Belanja Hemat Ala Blogger Tips Blog Tips dan Trik Tips Media Sosial Tomyam kelapa Saung Ibu Trade Expo Indonesia 2017 Travelio Travelling tulisan pilihan Tutorial Blog Twitter Twitter WB Ultah WB Ultah WB ke-6 urun artikel Utees.me Vlog Competition Warga WB Warna Warung Blogger Wisata Writing Writing Competition Zaman Sekarang Telat Untuk Jadi Blogger

Hallo … apa kabar, semoga semuanya baik baik saja ya …. 

Tak terasa, sudah saatnya stupid monkey kebagian jaga warung lagi nih, ayo siapa yg mau pesen, ada kopi manis, setengah manis, kopi pahit, buah nangka, roti bakar, apa lagi ya … ?? pokoknya menu disini lengkap deh. 

Soryy intro nya garing .... kembali ke cerita ...

Setelah kemarin saya menulis tentang sebuah aktifitas yang berorientasi pada pendakaian, (kira-kira begitu) sekarang saya akan menceritakan sebuah mitos yang terjadi saat pendakian ketiga saya di gunung Lawu. 

“Lho kok, gunung lagi” 

“ iya dong, orang senengnya naik gunung, wee “ 

Tetep sob, masih seputar gunung ya, soalnya di pungkiri atau tidak, setiap kita dalam hatinya akan tersebit sebuah kekaguman akan keindahan gunung beserta isinya, betulkan … ?? 

Wokeh kembali ke cerita semula. 

Kemarin saat saya mendatangi gunung Lawu, saya bertemu lagi dengan sesosok makhluk yang bisa terbang, jangan mikir lain-lain dulu, sosok ini adalah seekor burung yang biasa hilir mudik di seantero gunung Lawu, pendaki biasa mengenalnya dengan nama burung Jalak Gading. 

Jalak Gading
[image by :  sjamsoel-bakrie.blogspot.com] 

Menurut mitos yang tersebar disana dan antara para pendaki, burung Jalak Gading ini adalah burung yang sangat gemar mendekati para pendaki dan pejiaran yang berada di kawasan gunung tersebut. Dia senantiasa menuntun arah para pendaki menuju puncak, namun hal itu berlaku bila kita tidak mengganggunya. 

“Apa yang terjadi bila si burung di ganggu ?” Tanya seorang teman kepada saya, lalu saya ceritakan kejadian pendakian kedua saat menyambangi gunung Lawu, dimana secara sengaja saya menimpuk burung itu di sekitar puncak gunung Lawu. 

Seketika langit menjadi gelap, padahal saat itu masih sekita pikul 11.00 wib dan sebelumnya panas dan cerah, angin mendadak bertiup sangat kencang dan hujan mulai membasahi tanah puncak tersebut. Tak seperti biasanya, menurut teman yang bersama saya saat itu, saya mendadak panic dan memaksa segera menuruni puncak Lawu untuk berteduh di tenda yang kami tinggalkan di Hargo Dalem. Namun saat turun tersebut, saya salah memasuki jalur yang ternyata berlawanan arah dengan posisi tenda kami. Boyo-boyo (punggung buaya) nama tempat dimana saya tersasar, tempat yang berbukit-bukit dengan Edelweis dan rumput setinggi dada. Disanalah saya terdampar sekitar kurang lebih 2 jam, dan akhirnya sadar kembali kalau saya harus balik kearah puncak, setelah melihat puluhan burung Jalak Gading berterbangan terus menerus, seolah member isyarat untuk mengikutinya. cerita lengkapnya disini.

Intinya bila dia di ganggu, maka ia akan menyesatkan atau kejadian buruk akan menimpa para pendaki. Itu sepenggal kisah saya disana bersama dengan Burung Jalak Gading beserta mitosnya. Benar atau tidak itu kembali kepada diri kita masing-masing. 

Bagaimana sobat, percaya mitos atau tidak ???

Salam



Label:

Post a Comment

  1. Sepertinya memang sudah hukum alam kok sob, siapa pun yg mengganggu sesama mahluk ciptaan Allah akan mendapatkan hal yg serupa , jadi nggak cuma untuk burung Jalak saja:)

    ReplyDelete
  2. pesen kopi nggak pake saus bang...

    ReplyDelete
  3. hahhh horor banget yah...
    saya sih ngga percaya mitos, cuma kalau dari ceritanya yang saya tangkep, jangan mengganggu kalau ngga mau diganggu. mungkin itu balasannya dari ulah iseng nimpuk si burung :)

    ReplyDelete
  4. betul sob, selaknya kita hidup rukun ya :D

    ReplyDelete
  5. iya, dan itu pelajaran berharga buat saya :-)

    ReplyDelete
  6. Saya suka hewan ini, menemani dan mengiringi saya sampai puncak.. dan ada 1 lagi, dia ini paling malu kalau difoto ... :-D

    ReplyDelete
  7. Hukum alam itu mutlak ko Sob, karena memilki sebab dan akibat.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  8. huaaaaa,,,sereemm amaaat yaakk *merinding* laen kali ati2 ye :D
    Nay tipe orang yang kaga percaye ame mitos :)

    ReplyDelete
  9. itu bukan mitos,,apa yg kau buat itu yg akan kau terima. mknya jgn jail dg sesama makhluk Tuhan...ckckck :-P

    ReplyDelete
  10. maka ne toh mas, ojok ngangguin... ngambek toh :p

    ReplyDelete
  11. kalau beli dimana ya burung bagus2 gitu. Trims infonya.
    salam

    ReplyDelete
  12. jangan dekat2 burung yang lagi flu ya,nanti kena flu burung...


    saya gak percaya mitos

    ReplyDelete
  13. siapa dia, karna kejadian itu juga, sekarang saya jadi suka sama dia sob ... :D

    ReplyDelete
  14. betul sob, saya sudah merasakannya langsung :D

    ReplyDelete
  15. iya mba Mimi, kapok deh, gak akan jail lagi deh :D

    ReplyDelete
  16. he emmm, ngambekan dia nya ya :p

    ReplyDelete
  17. hehehey ... gak di jual Pakde.
    salam

    ReplyDelete
  18. ho oh ... gak percaya ya ?.... okeh :p

    ReplyDelete
  19. seperti yg nulis ya, hehehe :D

    ReplyDelete
  20. iya, jadi pelajaran, gak percaya ? hooo okeh deh :p

    ReplyDelete
  21. wahhh inget di kampungku,hehehe.. salam dari anak ki gunung ciremai, ya..

    salam kenal dan follow juga
    Revolusi Galau

    ReplyDelete
  22. Saya belum pernah mendaki gunung, tapi dari beberapa kali baca, hampir semuanya sama bahwa ada semacam etika yang harus dipatuhi oleh setiap pendaki, dan terlepas dari mitos apa bukan, kita tahu bahwa gunung adalah salah satu lokasi 'favorit' makhluk gaib ( jin ) karenanya bukan hal yang benar dan bijak bila kita mengganggu kenyamanan mereka.

    ReplyDelete
  23. segera saya sambangin sob, gunungnya berikut blog nya okeh, :D

    ReplyDelete
  24. betul sob, apa pun makhluknya bila di ganggu pasti akan marah, begitu kan sob :D

    ReplyDelete
  25. spertinya tiap gunung punya mitos....
    tinggal bagaimana qta menyikapinya n mematuhi aturan mainnya...hehehe....

    slm kenal ^_^

    ReplyDelete
  26. yep, kira-kira begitu sob, ^^

    salam kenal ^^

    ReplyDelete


Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.